Google Doodle: Saksi Bisu Musik Elektronik | Breaktime
Google Doodle: Saksi Bisu Musik Elektronik
18.10.2017

Ketika membukan laman utama Google hari ini, B’timers kembali akan melihat doodle berwarna-warni. Terpampang nyata ada beberapa gambar seperti DJ set, piano elektrik, kabel-kabel, dan sound system. Apalagi yang membuat Google begitu bersemangat membuat doodle berwarna-warni? Ternyata, hari ini Google merayakan kelahiran studio musik elektronik pertama di Cologne, Jerman. Studio musik elektronik ini didirikan pada 18 Oktober 1951. Semua bermula dari obrolan santai para legendaris, yaitu Werner Meyer-Eppler, Robert Beyer, Fritz Enkel, dan Herbert Eimert.

Robert Beyer sendiri telah sejak lama, sekitar tahun 1920an, berbicara tentang orientasi musik timbre. Nah, tahun 1951 ia rasa menjadi waktu yang matang untuk membawa idenya menjadi kenyataannya. Lalu apa peran pendiri yang lainnya? Simak selangkapnya berikut ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
NASA Ciptakan Sarung Tangan Superhero, Lihat Yuk!

Fritz Enkel adalah teknisi yang mengkonseptualisasikan studio pertama tersebut. Sedangkan Herbert Eimert adalah seorang komposer, ahli musik, dan jurnalis. Di tahun 1920an saja, Eimert telah menerbitkan sebuah buku tentang teori musik atonal. Itu yang membuatnya dikeluarkan dari kelas musik Franz Bölsche di Cologne Musikhochschule. Eimert menjadi direktur pertama studio musik elektronik tersebut, karena ia sudah sangat dekat dengan kemajuan musik radikal dan mengadakan konser dengan instrumen yang berisik.

Sedangkan sosok Werner Meyer-Eppler merupakan dosen di Institut Penelitian Fonetik dan Komunikasi di Universitas Bonn. Di tahun 1949, dialah yang pertama kali menggunakan istilah musik elektronik yang tercantum sebagai judul bukunya, Elektrische Klangerzeugung. 

Google Doodle: Saksi Bisu Musik Elektronik | Breaktime
Studio Musik Elektronik, Jerman
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Heboh iPhone 6S Setara Rilisan Terbaru iPhone

Memang tak bisa diragukan, Jerman menjadi negara yang banyak melahirkan musisi-musisi legendaris terbaik dunia dari berbagai genre. Meski memiliki profesi yang berbeda, keempat pendiri studio musik elektronik yang pertama di Jerman ini punya selera yang sama. Yap, apalagi kalau bukan musik elektronik itu sendiri.

Setelah melalui diskusi panjang dan tak terburu-buru, mereka akhirnya mewujudkan mimpi dan konsep yang telah dibuat dengan mendirikan studio dan memanfaatkan ruangan di radio publik Jerman bernama Westdeutcher Rundfunk.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
OnePlus 6: Fitur Berkelas dan Harga Terjangkau

Mereka menjadi penanda era awal menjamurnya musik elektronik hingga sekarang. Hanya saja, banyak orang yang menganggap bahwa Jerman menjadi rumah bagi musik elektronik. Padahal negara ini hanya menjadi pendiri studio pertama untuk musik elektronik. Jerman menjadi negara yang menyediakan ruang rekaman bagi para musisi musik elektronik.

Studio bersejarah tersebut masih berfungsi hingga tahun 2000an. Sekarang bagaimana kabarnya? Kini studio tersebut hanya menjadi saksi bisu sejarah perkembangan musiknya. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE