Perempuan Paling Berpengaruh Di Dunia | Breaktime
Google Doodle: Perempuan Paling Berpengaruh Di Dunia
08.03.2017

Tepat hari ini, tanggal 8 Maret 2017 adalah Hari Perempuan Internasional. Tak hanya perempuan-perempuan di dunia yang merayakan, tetapi juga Google ikut dalam suka cita dan sebagai wujud penghargaan terhadap seorang perempuan. Yap, seperti yang banyak orang tahu kalau perempuan adalah makhluk Tuhan yang bisa dibilang paling hebat. Memang fisik dan hatinya cenderung lemah, tetapi di sisi lain, perempuan punya powerful yang tidak dimiliki kaum Adam.

Mulai dari berjuang sendiri mencapai kesuksesan, menstruasi setiap bulan, hamil, melahirkan, mengurus dan mendidik anak, mengurus suami, berkarir, dan masih banyak lagi. Itu semua dibuktikan oleh beberapa perempuan ini yang masuk dalam wanita paling hebat di dunia versi Breaktime. Siapa saja mereka?

Perempuan Paling Berpengaruh Di Dunia | Breaktime
Kapten Ashley Collette

Baca juga : GOOGLE DOODLE: RAYAKAN ULTAH KADAL RAKSASA

Perempuan yang pertama adalah Kapten Ashley Collette. Ia adalah seorang kapten pesawat tempur yang mampu memimpin sekitar 60 orang bawahan laki-laki. Di tahun 2010, ia bersama dengan anak buahnya dikirim ke sebuah desa kecil di Afrika untuk mengatasi perang militant. Setiap hari mereka dihujani serangan mulai dari bom bunuh diri sampai dengan granat. Berkat perangainya yang sabar, perang akhirnya bisa diredam dan kondisi sudah damai serta terkontrol. Ketika pulang, ia mendapat penghargaan Medal of Military Valor, yang merupakan penghargaan tertinggi ketiga di Kanada.

Selanjutnya adalah Ciara Judge, Emer Hickey, dan Sophie Healy-Thow. Mereka adalah gadis yang berasal dari Kinsale Community School, County Cork yang berhasil menemukan bakteri yang mampu meningkatkan kesuburan tanah, mempercepat pertumbuhan, dan meningkatkan hasil panen tanaman serealia seperti gandum dan barley. Bahkan mereka pun mendapatkan hadiah utama di Google Science Fair.

Bethany Mota juga punya kesuksesan di bidangnya sendiri, yaitu dalam bidang fashion blogger dan beauty blogger dengan jumlah pengikut sebanyak 7,4 juta. 565 juta kunjungan situs, dan pendapatan setiap tahun minimal $500.000 atau sekitar Rp 7,5 miliar. Saat ini ia tengah mengembangkan situsnya dan merintis clothing line bersama Aeropostale.

Perempuan Paling Berpengaruh Di Dunia | Breaktime
Bethany Mota

Baca juga : GOOGLE DOODLE: EXOPLANET MIRIP BUMI DITEMUKAN!

Selanjutnya beralih ke bidan politik. Ada beberapa wanita dengan kemampuan luar biasa mengatur negara mereka masing-masing. Seperti Margaret Thatcher yang merupakan satu-satunya perdana menteri perempuan di Inggris. Ia dijuluki sebagai Iron Lady karena kepemimpinandan wataknya yang sangat keras. Ia bahkan menciptakan peraturan konservatif yang diberi nama Thatcherism.

Ia memperkenalkan beberapa inisiatif politik dan ekonomi untuk membalikkan apa yang dianggap sebagai penurunan ekonomi Inggris. Filosofi politik dan kebijakan ekonominya menitikberatkan pada deregulasi, pasar fleksibel buruh, dan mengurangi campur tangan serikat buruh. Ia menjabat sebagai perdana menteri selama 21 tahun yaitu sejak 4 Mei 1979 hingga 28 November 1990. Sayangnya ia meninggal dunia di tahun 2013 dalam usia 87 tahun akibat stroke.

Di urutan terakhir, nama Susi Pudjiastuti sepertinya pantas. Tak hanya hebat, ia juga seorang perempuan yang powerful, berprestasi, dan berpengaruh di Indonesia. Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia ini tidak tamat SMA. Itu bukan rahasia umum lagi. Ia dikeluarkan saat duduk di bangku kelas 2 karena aktif dalam gerakan golput. Tak hanya sebagai menteri, prestasi sebelumnya antara lain direktur Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Chief Executive Officer (CEO) pabrik pengolahan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product, CEO maskapai penerbangan Susi Air dengan aset ratusan miliar dan punya 46 pesawat propeller jenis Cessna Grand Caravan, CEO PT ASI Pudjiastuti Flying School, dan masih banyak lagi.

Perempuan Paling Berpengaruh Di Dunia | Breaktime
Margaret Thatcher

Baca juga : GOOGLE DOODLE: MENGUAK KISAH TRAGIS PRAMOEDYA ANANTA TOER

Popularitasnya semakin naik sejak ia menerapkan hukum dengan menenggelamkan kapal-kapal asing yang memancing di kawasan perairan Indonesia tanpa izin alias mencuri ikan. Peraturannya ini ditentang keras oleh dunia internasional, tetapi Susi tetap menjadi yang paling ditakuti oleh nelayan illegal di seluruh dunia.

Melihat wanita-wanita tersebut, hasrat bangga dan ingin mencapai prestasi yang setara pasti muncul. Sebenarnya Anda bisa berprestasi di bidang masing-masing untuk terus meninggikan posisi perempuan di mata dunia. Selamat hari perempuan internasional untuk seluruh perempuan di dunia! (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE