Merayakan Hari Lahir Suyadi Sang Legenda | Breaktime
Google Doodle: Merayakan Hari Lahir Suyadi Sang Legenda
28.11.2016

Lagi-lagi laman Google memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap tokoh Indonesia. Mereka Membuat peringatan ulang tahun Suyadi di laman pencarian Google. Tahukah B’timers siapa itu Suyadi? Yup, dialah sosok di balik boneka Si Unyil yang populer pada tahun 80an.

Drs. Suyadi yang lebih dikenal dengan nama Pak Raden ini lahir di Puger, Jember, Jawa Timur pada 28 November 1932. Kini usianya menginjak 84 tahun. Beliau adalah salah satu seniman paling berpengaruh di Indonesia. Beliaulah yang menciptakan karakter Si Unyil dan teman-temannya seperti Pak Ogah, Usrok, dan lainnya.

Menciptakan karakter-karakter tersebut bukan tanpa tujuan. Pak Raden menciptakan karakter boneka lucu tersebut bertujuan untuk memberikan acara yang mendidik, khususnya untuk anak-anak di era 80an. 

Merayakan Hari Lahir Suyadi Sang Legenda | Breaktime
Sang legenda pencipta Si Unyil dan kawan-kawan

Suyadi sendiri adalah mahasiswa lulusan seni rupa Institut Teknologi Bandung (1952 – 1960). Beliau juga sempat melanjutkan studinya di Perancis dengan mengambil jurusan animasi pada tahun 1961 – 1963.

Bahkan Suyadi juga pernah dipecaya oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai illustrator buku pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SD. Wah, keren banget Pak Raden!

Tak hanya disitu, karir Suyadi juga terus berjalan dengan membuat buku dan film animasi untuk anak Indonesia. Di tahun 1952, beliau membuat buku pertamanya dan menuntaskan buku terakhirnya di tahun 2008 berjudul Petruk Jadi Raja.

Namun, sayangnya Pak Raden sudah tutup usia pada 30 Oktober 2015 saat usianya akan menginjak 83 tahun. Meskipun begitu, Si Unyil yang ikonik dan legendaris tidak akan pernah mati dan akan selalu dikenang oleh seluruh anak Indonesia di jamannya. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide