Hedy Lamar, Artis dan Ilmuwan Tercantik Eropa | Breaktime
Fakta Unik Hedy Lamar, Artis Sekaligus Ilmuwan Tercantik Eropa
09.11.2015

Wow, ada tampilan unik pada google doodle hari ini yang mengusung gambar seorang wanita cantik berdiri di depan roll film. Adalah Hedwig Eva Maria Kiesler alias Hedy Lamarr, artis sekaligus ilmuwan yang menyimpan fakta-fakta unik yang bikin B’timers kaget tak percaya. Apa sajakah itu? Yuk, simak ulasannya.

Wanita tercantik di Eropa

Wanita yang lahir pada tanggal 9 November 1914 ini memang dikaruniai paras yang begitu cantik. Bahkan, sutradara kawakan kelahiran Austria, Max Reinhardt tak segan memujinya sebagai wanita tercantik di Eropa.

Nekat bermain film vulgar

Nama Hedy Lamarr begitu melambung setelah ia tampil kelewat berani dalam film “Ectasy” (1933). Yap, di eranya tersebut ia sudah berani tampil vulgar tanpa busana. Tak heran bila film tersebut kemudian ditolak oleh beberapa negara, termasuk Amerika. Namun, karirnya sempat berlanjut di Hollywood dan tampil di 18 film pada tahun 1940-1949.

Hedy Lamar, Artis dan Ilmuwan Tercantik Eropa | Breaktime
Pesona kecantikan Hedy Lamarr

Menikah di usia 19 tahun

Di usia 19 tahun, Lamarr melangsungkan pernikahannya dengan Friedrich Mandl, orang terkaya di Austria kala itu. Keduanya merupakan pasangan berdarah Yahudi. Uniknya, mereka berdua memiliki hubungan bisnis dan sosial yang dekat dengan pemerintahan fasis Italia dan Jerman. Bahkan, Adolf Hitler dan Benito Mussolini pernah jadi tamu di pesta mewah rumah Lamarr dan Mandl.

Matematikawan Austria-Amerika

Dibalik semua kontroversi tentang kehidupan pribadinya dan perbincangan keayuan parasnya, Lamarr adalah wanita yang cerdas. Ia adalah matematikawan Austria-Amerika yang gemar mengotak-atik rumus sulit.

Belajar teknologi rudal

Usai menikah dengan Mandl, Lamarr kerap diajak menghadiri rapat bisnis dengan para ilmuwan yang berkecimpung di dunia teknologi militer. Ia pun belajar tentang teknologi rudal dan kapal selam terbaru, termasuk mempelajari cara mengarahkan torpedo menggunakan teknologi radio dan melindungi sinyalnya dari sabotase musuh.

Pelopor teknolgi Wi-Fi

Tragedi tenggelamnya kapal penuh pengungsi tahun 1940 menginspirasi Lamarr untuk menciptakan variasi frekuensi yang mana sinyal radio bisa ditransmisikan. Ide cerdik “loncatan frekuensi” ini kemudian terealisasikan saat ia bertemu komposer avant-garde, George Antheil.

Meski saat itu belum tercipta Wi-Fi, namun sesungguhnya Lamarr menciptakan sesuatu yang disebut sebagai “teknologi komunikasi spread-spectrum” yang menjadi dasar dari semua teknologi nirkabel saat ini. Temuan keduanya ini mulai dipatenkan pada tanggal 10 Juni 1941 dan hak paten tersebut dikabulkan oleh pemerintah AS pada tanggal 11 Agustus 1942.

Ternyata banyak sekali fakta unik yang disimpan oleh seorang wanita cantik asal Austria ini, ya. Fakta mana saja yang sudah bikin B’timers kaget atau takjub? (vsc)

Share This Article