Dongeng Indonesia Jadi Berita Terbaru Hari Ini! | Breaktime
Dongeng Indonesia Jadi Berita Terbaru Hari Ini!
07.04.2017

Indonesia lebih banyak dikenal tentang budaya dan destinasi alamnya. Padahal sebenarnya, di balik budaya Indonesia, ada banyak legenda yang menyelimuti kehidupan masyarakat kita. Bahkan legenda-legenda tersebut diajarkan di sekolah-sekolah. Kali ini, kisah legenda yang tersebar di masyarakat Indonesia menjadi berita terbaru hari ini. Kira-kira ada apa ya?

Yap, ini karena Indonesia kembali ikut serta dalam pameran buku terbesar di dunia, Bologna Children’s Book Fair yang mengusung tema Seeing Tales. Lebih dari 250 judul buku anak-anak dan remaja dari berbagai kategori dipamerkan selama tiga hari di Bologna Fiere, Bologna, Italia. Acara tersebut berlangsung sejak 3 sampai 6 April kemarin. Kategori yang dipamerkan pun bermacam-macam, antara lain dongeng, cerita rakyat, seni tradisi, fantasi, buku anak religi, dan buku pengajaran bahasa dan pengembangan karakter.

Indonesia menempati Hall 29 Stand A29 dengan luas 64 meter persegi. Paviliun Indonesia bernuansa pastel dengan kombinasi warna kuning dan merah. Lokasi tersebut didesain oleh Andro Kaliandi. Sang desainer pun juga menampilkan enam karya ilustrasinya yang menguatkan tema sebagai bagian dari etalase booth.

Dongeng Indonesia Jadi Berita Terbaru Hari Ini! | Breaktime
Keikutsertaan Indonesia dalam Bologna Children’s Book Fair

Baca juga : YUK, INTIP KABAR TERBARU AKTOR UTAMA LIFE OF PI!

Salah satu ilustrasi yang paling dikenali oleh masyarakat kita diadaptasi dari buku berjudul The Dancing Folktales karya Evelline Andrya. Buku tersebut menampilkan tokoh wayang paling terkenal, yaitu Hanoman.

Indonesia mengambil tema Seeing Tales karena kaya akan cerita rakyat. Bisa dilihat dari satu etnik Indonesia yang memiliki banyak sekali dongeng. Tak hanya itu, buku anak-anak memiliki keistimewaan di dalam dunia literasi Indonesia, baik dari segi penerbitan maupun penjualan.

Dongeng Indonesia Jadi Berita Terbaru Hari Ini! | Breaktime
Salah satu legenda Indonesia

Baca juga : LOGO TERKENAL DAN PESAN TERSEMBUNYI DI DALAMNYA!

Buku anak dari Indonesia pada nyatanya mampu menarik minat penerbit asing dan menjadi genre paling populer dalam pameran buku Frankfurt pada tahun 2015. Indonesia juga punya illustrator hebat yang sudah mendunia. Hal tersebut menjadi waktu yang tepat untuk mempromosikan legenda khas Indonesia. Tak heran jika dongeng Indonesia menjadi berita terbaru hari ini dan banyak diperbincangkan.

Tak cukup hanya sebagai sarana memperkenalkan dongeng-dongeng lokal, acara tersebut juga jadi batu loncatan para penerbit, penulis, dan illustrator untuk memasarkan karya-karya terbaik mereka di pasar internasional. Menurut catatan KBN saja, dalam waktu 2 tahun terakhir ini sudah lebih dari 300 penjualan hak cipta penerbitan Indonesia di luar negeri.

Dongeng Indonesia Jadi Berita Terbaru Hari Ini! | Breaktime
Pameran buku anak dunia bisa jadi batu loncatan untuk melebarkan sayap

Baca juga : MAKANAN DI FILM HARRY POTTER ADA DI DUNIA NYATA!

Ini adalah edisi ke-54 acara Bologna Children’s Book Fair yang setiap tahunnya diikuti oleh 1.200 peserta dari lebih 70 negara di dunia. Di sanalah tempat berkumpulnya para penulis, illustrator, penerbit, agen, produser TV & film, toko buku, pustakawan, dan pelaku industri digital untuk melakukan jual-beli hak cipta, mendapatkan kontrak baru, mengembangkan bisnis baru, dan mendiskusikan berbagai tren dalam dunia literasi anak dan remaja. Tak hanya pameran, ajang tersebut juga memberikan sejumlah penghargaan termasuk Bologna Ragazzi Award. Penghargaan tersebut selalu jadi batu loncatan menuju bisnis yang sukses bagi penerbit kecil yang kurang dikenal.

Jadi, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk terus menjaga kebudayaan negeri ini. Seperti berita terbaru hari ini, yang secara tidak langsung mengajak masyarakat Indonesia untuk tetap melestarikan dongeng lokal yang sempat redup karena kemajuan teknologi. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE