Bukan Doraemon, Dunia Juga Punya Pintu Ajaib! | Breaktime
Bukan Doraemon, Dunia Juga Punya Pintu Ajaib!
05.09.2017

Di benak B’timers, pintu rahasia dan dan jalan masuk tersembunyi mungkin hanya ada di negeri dongeng dan cerita khayalan. Pintu rahasia di dalam kastil misterius yang hanya bisa dibuka dengan memutar pegangan lampu dinding seperti di Scooby Doo atau bahkan pintu kemana saja milik Doraemon memang hanya kisah fiktif belaka. Ternyata mimpi untuk memiliki jalan masuk rahasia tersebut kini telah banyak diwujudkan di berbagai tempat dan arsitektur kenamaan. Berikut ini beberapa ilustrasi jalan masuk tersembunyi yang bisa jadi inspirasi B’timers untuk membangun pintu rahasia Anda sendiri di rumah.

Sebuah festival musik tingkat Internasional di Budapest, Hungaria yang bertajuk Sziget Festival 2017 baru-baru ini menunjukkan pintu toilet yang disulap menjadi jalan masuk rahasia. Meski nampak biasa saja di antara deretan toilet portable alias Porta Potty lainnya, salah satu pintu tersebut ternyata tak akan membawa Anda ke dalam kamar kecil. Sebaiknya, begitu Anda membuka pintu nberwarna tersebut, B’timers akan disambut dengan dentuman house music dan cahaya lampu disko dari ruang pesta rahasia.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sebelum Tinggal Di Asgardia, Kenali Faktanya!

Jauh sebelum itu, Neil Patrick Harris, seorang aktor Hollywood papan atas yang pernah membintangi serial televisi How I Met Your Mother ini telah membangun sebuah pintu rahasia di rumahnya. Penggemar trik sulap dan ilusi tangan tersebut mengaku bahwa pintu rahasia di dalam rumahnya tersebut merupakan jalan masuk menuju ruangan yang penuh berisi berbagai peralatan sulap dan beragam benda antik magis yang dikoleksinya. Pintu masuk menuju ruangan tersebut merupakan bagian dari panel dinding yang disamarkan dengan sebuah poster tukang sulap berukuran raksasa. Di poster tersebut tersembunyi sebuah tombol yang dapat ditekan untuk membuka pintu rahasianya.

Lain lagi dengan pintu rahasia rancangan arsitek Alberto Caiola di kota Shanghai, Cina. Pintu tersebut dibuat menyerupai vending machine Coca-Cola yang ternyata menembus dinding dan akan membawa Anda memasuki sebuah kedai minuman tersembunyi. Kedai yang diberi nama Flask tersebut merupakan lounge bar yang dipenuhi jajaran botol whiskey dengan penerangan LED minimalis serta furnitur kayu yang menjadikannya nampak eksotis. Uniknya, kedai tersembunyi tersebut berada di dalam sebuah sandwich shop bernama The Press yang tentunya menjadi tempat nongkrong favorit berkat kombinasi arsitektur unik nan elegan.

Bukan Doraemon, Dunia Juga Punya Pintu Ajaib! | Breaktime
Lemari penyimpan wine yang merupakan pintu ajaib menuju ruangan tersembunyi di baliknya
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Perhatikan 7 Logika Kartun Bikin Gagal Paham!

Membangun pintu rahasia seakan menjadi ajang kompetis bagi berbagai arsitektur kenamaan. Ialah Peter Pennoyer, arsitek terkenal asal New York, Amerika Serikat yang telah memenangkan berbagai penghargaan karena arsitektur uniknya yang menggabungkan konsep bangunan bersejarah dan kontemporer. Salah satu pencapaiannya yang luar biasa ialah pintu rahasia yang sekilas nampak seperti rak buku biasa. Pintu rahasia tersebut dibangunnya untuk sebuah rumah di Maine, Amerika Serikat. Begitu dibuka, rak buku yang seakan diukir di dinding tersebut rupanya mengarah ke sebuah ruang kecil tersembunyi di baliknya.

Dalam ilmu arsitektur, teknik membangun pintu semacam itu dinamakan jib door, yakni konstruksi pintu yang seakan dibuat menyatu dengan panel dinding di sekelilingnya. Tak hanya tersembunyi di balik sebidang poster atau rak buku, lemari penyimpan wine juga bisa disamarkan menjadi pintu rahasia menuju ruang yang tersembunyi di baliknya, seperti yang pernah didesain oleh Creative Home Engineering. Arsitektur semacam itu rupanya telah banyak ditemukan di berbagai bangunan kuno, bahkan Ratu Inggris konon memiliki beberapa pintu rahasia yang mengarah ke aneka ruangan maupun jalan tersembunyi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Gaji Fantastis para Pemain Game of Thrones

Pintu rahasia sendiri telah banyak dibangun di masa Abad Pertengahan Eropa, terbukti dari berbagai kastil Eropa kuno yang memiliki banyak pintu rahasia dan ruangan misterius yang tak mudah ditemukan sembarang orang. Terlindung di balik kertas dinding bercorak khas De Gournay, penulis kolom lifestyle bernama Athena Tsavliris juga memiliki pintu rahasianya sendiri di salah satu sudut rumahnya.

Bagaimana, B’timers? Tertarik untuk membuat pintu rahasia Anda sendiri di rumah? (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE