Blood Moon, Gerhana Bulan Total Terlama Abad Ini | Breaktime
Blood Moon, Gerhana Bulan Total Terlama Abad Ini
07.07.2018

Breaktime.co.id - Menutup perjalanan panjang Gerhana Total tahun ini, kamu semua akan menyaksikan fenomena penutup, yaitu Blood Moon. Gerhana ini akan terjadi pada tanggal 28 Juli 2018 dengan durasi 103 menit! Wow! Setelah ini, Gerhana Bulan Total terlama lainnya akan terjadi pada tanggal 26 Juni 2029 dengan durasi 102 menit. Nah, kira-kira kamu masih bisa menyaksikannya nggak ya?

Gerhana Bulan Mini

Gerhana Bulan kali ini akan mencapai titik terjauh pada orbitnya dalam mengelilingi Bumi, atau bahasa ilmiahnya disebut dengan Apogee. Kamu akan melihat Bulan yang terlihat lebih kecil, bahasa kerennya sih Mini Moon.

Waktu Terlama

Kenapa kamu bisa melihat waktu durasi Gerhana Total yang lebih lama abad ini, dibanding lainnya? Posisi Bulan yang berada di Apogee ini bisa dibilang menguntungkan. Karena Bulan jadi butuh waktu lebih lama untuk bergerak melintasi bumi saat di jarak terjauhnya.

Bersiap, karena Kamu Bisa Lihat Planet Mars!

Tanggal 31 Juli 2018, Mars juga berada di titik terdekat Bumi. Gimana caranya mendekteksi Mars dari kejauhan? Mars akan menampakkan warna merah dengan cahayanya yang stabil. Nah, saat Gerhana Bulan Total berlangsung, Mars berada di titik konjungsi Bulan, jadi akan tampak berdampingan.

Jadi nggak sabar kan menjadi saksi fenomena ini? Semoga kamu beruntung, guys!



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE