Biografi King of Pop yang Tak Pernah Lekang oleh Zaman! | Breaktime
Biografi King of Pop yang Tak Pernah Lekang oleh Zaman!
25.08.2015

Nama panggung: Michael Jackson
Nama asli: Michael Joseph Jackson
Tempat lahir: Gary, Indiana Amerika Serikat
Tanggal lahir: 29 Agustus 1958
Tempat meninggal: Los Angeles, Kalifornia
Tanggal meninggal: 25 Juni 2009
Nama ayah: Joseph Walter Jackson
Nama ibu: Katherine Esther Scruse
Pekerjaan: Penyanyi, penulis lagu, aktor, businessman, penari
Anak: 3 (Michael Joseph Jackson, Jr., Paris-Michael Katherine Jackson, Prince Michael Jackson II)

Siapa yang tidak kenal Michael Jackson yang merupakan King of Pop yang belum ada tandingannya hingga sekarang ini meskipun ia telah pergi. Ia merupakan penyanyi, penulis lagu, aktor, pebisnis, dan juga seorang penari yang mempopulerkan gerakan Moonwalk yang sangat melegenda hingga saat ini.

Masa kecil

Masa kecil Michael Jackson
Masa kecil Michael Jackson

Michael Jackson yang memiliki nama asli Michael Joseph Jackson, merupakan anak ke 7 dari Sembilan bersaudara. Ia lahir pada tanggal 29 Agustus 1958 di Amerika Serikat, tepatnya di Gary, Indiana. Ayahnya bernama Joe Jackson yang dahulunya merupakan seorang gitaris. Namun, Ayahnya berhenti menekuni hobi tersebut setelah menikah dengan Katherine Jackson, ibunda Michael yang dahulunya juga merupakan pemain musik klarinet dan piano.

Karena memiliki darah keturunan musisi dari kedua orang tuanya, Michael Jackson dan empat orang saudaranya bergabung the Jackson 5. Namun, masa kecil Michael Jackson tidak seperti kebanyakan anak lainnya. Ia memiliki hubungan yang tidak akur dengan ayahnya. Michael Jackson mendapatkan kekerasan dari ayahnya. Hal ini terungkap dari wawancara yang yang dilakukan oleh Oprah Winfrey pada tahun 1993.

Baca juga : 4 Phenomenal and Iconic Works dari Michael Jackson

Karir

Michael Jackson dengan kostum kebanggannya
Michael Jackson dengan kostum kebanggannya

Bakat Michael Jacson pertama kali terlihat saat menyanyi di depan teman sekelasnya pada acara Natal di usia 5 tahun sebelum ia kemudian bergabung dengan the Jackson 5. Pada awalnya, Michael Jackson hanya sebagai pemegang congas, penyayi latar dan juga penari.

Namun, setelah memasuki usia 8 tahun, ia bersama dengan saudaranya, Jermaine ia menjadi penyanyi utama karena suaranya yang sangat indah. The Jackson 5 kemudian melakukan berbagai tour hingga bagian tengah Amerika Serikat. Dan salah satu album mereka yang masih dikenang sampai saat ini adalah Big Boy, I Want You Back, The Love You Save, dan juga I’ll Be There. Setelah beberapa lama, nama the Jackson 5 diubah menjadi the Jackson saja. Grup ini berhasil menelurkan 6 album yang sebagian besar lagunya ditulis sendiri oleh Michael Jakson.

Pada tahun 1983, Michael Jackson tampil secara live di televisi dan di situlah pertama kali ia menampilkan moonwalk yang merupakan ciri khasnya. Pertunjukan yang dilakukan oleh Michael Jackson tersebut menuai pujian yang sangat positif dari penonton di berbagai penjuru dunia. Bahkan, kerennya pertujukan moonwalk tersebut juga disandingkan dengan penampilan dari The Beatles dan Elvis Presley.

Tidak hanya berkarya dalam dunia musik saja, Michael Jackson juga melebarkan sayapnya dalam perfilman. Banyak judul yang telah ia bintangi, sebut saja The Wiz, Captain EO, Moonwalker, Men In Black, Michael Jackson Ghost, Mis Cat Away and The Island Girl, dan juga This is It, Telah Sukses digarapnya.

Kehidupan pribadi

Michael Jackson dengan segala perubahannya
Michael Jackson dengan segala perubahannya

Michael Jackson didiagnosis memilik sebuah penyakit yang sensitif terhadap sinar matahari. Hal ini tak lepas dari perawatan perubahan pigmen kulit dari cokelat menjadi putih yang dijalaninya. Tak hanya itu, ia melakukan berbagai perubahan bentuk melalui operasi di bagian dahi, bibir, tulang pipi, dan juga hidung.

Ia meninggal dunia di kediamannya, pada tanggal 25 Juni 2009, pukul 14: 26. Kematian Michael diduga karena penyakit gagal jantung akibat diberi suntikan Demerol oleh dokternya. Ia pergi dengan meninggalkan ketiga buah hatinya, yaitu Michael Joseph Jackson, Jr., Paris-Michael Katherine Jackson, dan Prince Michael Jackson II. Sampai sekarang ini, kharisma dan kepopuleran Michael Jackson tidak tergantikan bagi para pengggemarnya yanga da diseluruh penjuru dunia.

Share This Article