Benarkah Masjid Nasir Al-Mulk Terindah di Dunia? | Breaktime
Benarkah Masjid Nasir Al-Mulk Terindah di Dunia?
22.06.2017

Masjid sebagai tempat beribadah selain memancarkan kedamaian, ternyata dapat juga memancarkan keindahan lewat arsitektur yang dimilikinya. Seperti halnya masjid berikut ini yang memancarkan keindahan dan kemegahannya kepada dunia. Pernahkah B’timers mendengar tentang Pink Mosque? Masjid Nasir al-Mulk yang kokoh nan indah ini terkenal dengan nama Pink Mosque atau Masjid Pink. Letaknya di Shiraz, distrik selatan Gowad-e-Araban, Iran.

Nasir al-Mulk adalah salah satu masjid terindah di dunia. Bahkan meskipun usianya sudah lebih dari 150 tahun, masjid ini masih tetap memukau mata.Warna dari Masjid ini memang tidak serta merta seluruhnya berwarna pink, namun masjid yang bernama asli Nasir al-Mulk ini menyimpan keindahan yang luar biasa di dalamnya.

Jika dilihat dari luar, masjid Nasir al-Mulk memang tak semegah Masjid Al-Haram atau An-Nabawi. Tetapi jika menengok ke bagian dalamnya, kita akan menemukan rahasia keindahan Nasir al-Mulk. Untuk melihat keindahan daripada masjid tersebut, Anda hanya perlu menunggu hingga matahari menerpa masjid yang terletak di Shiraz, Iran ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mantan Imam Besar Masjid Istiqlal di Mata Ahok

Masjid Nasir al-Mulk ini dipenuhi kaca yang berwarna-warni. Masjid ini menampakan kepada Anda dua sisi yang berbeda yaitu sisi yang nampak redup dan ada sisi yang tampak merona. Sisi yang redup adalah sisi yang tidak terkena cahaya matahari, dan sisi merona adalah sisi yang terkena cahaya matahari.

Ketika Anda masuk di dalamnya pada siang atau pagi hari, Anda bisa melihat warna-warni yang memenuhi ruangannya. Di langit-langit masjid, Anda juga bisa melihat keramik cantik yang tertata apik dan sangat menawan. Tak hanya itu saja, lengkungan dan ceruk di bagian dalam masjid juga menampilkan detail rumit. 

Benarkah Masjid Nasir Al-Mulk Terindah di Dunia? | Breaktime
Indahnya masjid yang bernuansa pink (cr. Wikipedia)

Ubin berwarna merah muda banyak ditemui di bagian langit-langit, membuat Nasir al-Mulk dihadiahi julukan masjid pink. Menunjukan kemegahan dan keindahan yang tiada tara. Masjid ini adalah satu dari sekian masjid yang memiliki kaca warna-warni sebagai penghiasnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
6 Film Ini Buat Puasa Jadi Tidak Terasa

Ketika sinar matahari semakin tinggi, sinar pelangi berwarna-warni itupun lambat laun hilang. Meskipun cahaya warna-warni menghilang, kita tetap bisa meilihat keindahan mesjid. Perhatikan saja arsitektur atap masjid yang didisain dengan sangat menarik ini. Bahkan bagi orang yang tidak mengerti seni arsitektur sekalipun, masjid ini terlihat sangat indah dengan proporsi nya yang pas dari berbagai sudut.

Di bagian lain masjid terdapat museum yang berisi sejarah keislaman Iran. Dilengkapi dengan museum, masjid ini tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi situs sejarah dimana banyak ilmu dan peninggalan bersejarah dapat dipelajari.

Di museum tersebut terdapat foto – foto pahlawan dan pemimpin perang terkenal pada jaman dahulu. Yaitu pada jaman awal masuk agama Islam di Iran. Para wisatawan yang dating pun tidak hanya pulang membawa foto  sebagai oleh – oleh, tetapi juga ilmu sejarah untuk diceritakan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sehat dengan 4 Buku Resep Pilihan Saat Puasa

Sulit dipercaya bahwa konsep bangunan ini adalah warisan dari kehidupan di tahun 1876. Pembangunan Masjid Nasir al-Mulk sendiri dirampungkan pada tahun 1888. Meskipun kuno tapi keindahannya tetap terjaga ya B’timers.

Banyak turis yang sengaja datang untuk melihat bagian dalam masjid. Mereka berlomba-lomba datang untuk mengambil foto masjid. Pengelola masjid memang membolehkan turis untuk mengambil foto.

Jika B’timers berkesempatan untuk mengunjungi masjid megah nan indah ini jangan lupa untuk ber-selfie sebagai kenang-kenangan. Tapi ingat, ketenangan masjid tetap harus dijaga agar tidak mengganggu orang yang beribadah. 



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE