Belajar "Ilmu Padi" dari Pendiri IKEA | Breaktime
Belajar "Ilmu Padi" dari Pendiri IKEA
01.02.2018


tampak depan gedung Ikea (photo-travelrepeat.com)

Tepat 27 Januari 2018 lalu waktu Swedia, seorang figur di balik gagahnya IKEA, Ingvar Kamprad meninggal dunia di usia 91 tahun. Banyak fakta menarik yang bisa kamu ambil hikmahnya loh dari sosok yang begitu menginspirasi ini. 

1. Dalam kondisi miskin, Kampard berjuang untuk menjadi orang yang sukses di kampung halamannya. Terlahir sebagai anak patani tidak membuatnya malu, justru ia terus bangkit dengan mengembangkan keterampilannya berwirausaha dengan membeli korek api, pensil dan kebutuhan lain di kota Stockholm menuju kampung halamannya kembali di Smaland.

2. IKEA sendiri diambil dari beberapa nama. "I" dan "K" diambil dari inisial nama Ingvar Kampard sendiri. Kemudian "E" dan "A" diambil dari inisial tempat Kampard dibesarkan, yaitu Elmytard dan desa Agunnaryd. Bisa buat inspirasi nama usaha kamu juga, nih. 

3. Pada tahun 1948 Kampard memulai usahanya menjual furnitur yang dicontoh dari desain meja di dapur milik pamannya. Hingga ia berpikir bahwa pada saat itu yang memiliki furnitur bagus hanya orang kaya. hal ini membaut ia semakin berpikir dan mengembangkan usaha furniturnya. 

4. Di tahun 1950an, IKEA berdiri sebagai ruang pamelrepeat.com)er furnitur. Di tahun 1960an mulai melebarkan sayap di segala penjuru dunia, hingga akhirnya tahun 2000an masuk ke Indonesia. 

5. Uniknya, di setiap produk IKEA pasti ada namanya. Nama tersebut dibuat karena Kamprad mengidap disleksia yang mengalami kesulitan untuk mengingat kode. Nama-nama tesebut diambil dari nama danau di Swedia atau nama mamalia, dan lain-lain.

6. Kampar pernah menjadi orang terkaya nomor delapan di dunia. Jumlah kekayaannya ditaksir mencapai USD57,8 miliar. Kekayaan tak bergerak lainnya meliputi properti besar di Swedia, kebun anggur di Provence, juga bungalow di Swiss. Tapi, dengan harta kekayaan berlimpah, Kampard terkenal hidup sederhana, guys. Selama bertahun-tahun beliau masih menggunakan mobil Volvo keluaran 1993, walaupun terdapat mobil lain di garasi rumahnya. Dan yang mengejutkan lagi, hampir seluruh pakaian ia beli di pasar loak lokal. Duh, jadi malu sama isi lemari yang udah melimpah ruah dengan baju-baju ber-merk, nih.

Kampard memiliki darah khas daerah Swedia selatan, pekerja keras, ramah, keras kepala, penuh kehangatan, dan irit, sesuai dengan kehidupan yang ia jalani di kampung halamannya, Smaland. Makin nge-fans sama Alm. Opa satu ini nggak? Semoga semangat juang dan sifat kerja kerasa Kampard bisa dimanfaatkan semua orang ya.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE