Be Smarter dengan Beragam Hobi Kaya Manfaat | Breaktime
Be Smarter dengan Beragam Hobi Kaya Manfaat
05.11.2017

B’timers tentu sudah sering mendengar bahwa kecerdasan merupakan suatu hal bawaan lahir yang sudah mutlak. Benarkah Anda tak bisa melakukan apapun untuk meningkatkan kadar kecerdasan? Selain mengkonsumsi suplemen-suplemen mahal yang konon bisa menaikkan angka IQ, rupanya ada hal-hal sederhana yang biasa Anda lakukan sehari-hari yang bisa membuat Anda makin cerdas. Tak hanya menyenangkan untuk dilakukan di waktu senggang, berbagai hobi berikut ini ternyata berpengaruh cukup besar terhadap tingkat kecerdasan Anda lho, B’timers!

Siapa bilang hobi bermain musik itu hanya buang-buang waktu belaka? Salah satu manfaat bermain musik tentunya untuk relaksasi dan mengembalikan semangat hidup. Namun tahukah Anda bahwa berbagai penelitian telah membuktikan manfaat memainkan instrumen musik dalam merangsang otak? Tak hanya mendengarkan musik, bermain musik juga terbukti mampu meningkatkan kapasitas memori dan konsentrasai. Manfaat lain dari memainkan instrumen musik ialah melatih kesabaran dan ketekunan, merangsang kepekaan, hingga mempertajam emosi.

Be Smarter dengan Beragam Hobi Kaya Manfaat | Breaktime
Bermeditasi

Bermeditasi awalnya dianggap sebagai ritual dari agama tertentu, hingga kini menjadi salah satu seni olah tubuh sekaligus sarana refleksi dan mengenali diri sendiri. Tujuan utama yang bisa didapatkan dari bermeditasi secara teratur ialah untuk membantu fokus kepada diri sendiri agar dapat mengurangi tingkat stres serta menekan beban kekhawatiran. Melalui ketenangan pikiran yang didapatkan dari meditasi, Anda memberi kesempatan seluas mungkin bagi diri Anda sendiri untuk berpikir dan merencanakan berbagai hal dengan cara yang jauh lebih efektif. Bermeditasi juga akan membantu Anda mengambil alih kontrol penuh atas diri sendiri. Dengan melakukan meditasi, Anda dapat dengan mudah mengendalikan diri sendiri sehingga mampu belajar dari mana saja sebagai sarana meningkatkan kecerdasan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Highlight Gelaran Festival Film Bandung 2017

Dengan sering berolahraga, B’timers akan mendapatkan tubuh yang sehat sehingga memastikan bahwa Anda juga memiliki otak yang sehat. Berolahraga secara teratur akan membuat otak dan tubuh berfungsi dengan seimbang sebagaimana mestinya. Selain mengurangi ketegangan dan membantu Anda mendapatkan tidur berkualitas, olahraga juga membantu Anda melancarkan sirkulasi darah yang lebih baik ke otak, sehingga fungsi otak akan meningkat. Kinerja otak juga dapat ditingkatkan melalui beragam jenis olahraga kardiovaskular yang terbukti mampu mempercepat produktivitas sel otak baru.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ingin Gaji Tinggi? Berani Coba Pekerjaan Ini?
Be Smarter dengan Beragam Hobi Kaya Manfaat | Breaktime
Belajar bahasa asing

Tak semua orang mau dan mampu menjadikan kegiatan belajar bahasa asing sebagai suatu hobi. Dengan menguasai bahasa asing, B’timers akan mendapatkan banyak manfaat bagi karir serta memudahkan komunikasi dengan orang dari berbagai latar belakang budaya. Namun tahukah Anda bahwa melalui proses analisis struktur gramatikal dan menghapalkan kosakata baru dalam bahasa asing, Anda dapat sekaligus meningkatkan kecerdasan dan kesehatan otak? Berbagai eksperimen ilmiah juga telah membuktikan bahwa orang yang gemar mempelajari bahasa baru sangatlah terlatih dalam hal perencanaan, pengambilan keputusan, hingga problem solving.

Be Smarter dengan Beragam Hobi Kaya Manfaat | Breaktime
Menulis buku harian

Hobi menulis hingga kini tergolong suatu hal yang langka, apalagi ketika dilakukan sekedar untuk mengisi waktu senggang dan bukan sebagai karir profesional. Faktanya, menulis memiliki banyak manfaat dalam meningkatkan kecerdasan secara menyeluruh. Tak hanya meningkatkan kemampuan berbahasa, menulis juga dapat membantu B’timers mempertajam fokus, mengasah kreativitas, hingga mengembangkan imajinasi dan pemahaman terhadap segala sesuatu. Tak heran apabila para penulis seringkali ditasbihkan sebagai individu yang memiliki tingkat intelejensia yang mengagumkan. Tak masalah apakah Anda menulis langsung di buku harian ataupun secara online di blog dan akun media sosial lainnya, karena dengan mengekspresikan diri melalui tulisan juga dapat sekaligus meningkatkan kecerdasan secara berkala.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jangan Terkecoh, Si Imut Ini Ternyata Berbahaya

Selain untuk memenuhi kebutuhan makan harian, tak jarang orang yang menjadikan kegiatan memasak sebagai hobi yang mengasyikkan. Dengan kecanggihan teknologi dan pelayanan resto cepat saji saat ini, sebagian besar penduduk urban menganggap bahwa memasak itu membuang waktu dan sebisa mungkin dihindari. Rupanya, berkreasi dengan resep masakan dan berkutat di dapur seharian merupakan salah satu meningkatkan kreativitas lho! Kreativitas itulah yang mendasari semangat para koki profesional dalam mencoba berbagai jenis menu dan olahan makanan terbaru.

Tak perlu menjadi chef handal yang memiliki komitmen terhadap kualitas masakan. Lakukan kegiatan memasak dengan sepenuh hati dan tanpa beban, namun secara tak sadar Anda akan belajar banyak hal lewat mengukur setiap takaran dengan presisi maupun belajar mengambil keputusan dalam waktu singkat. Siapa sangka memasak dan berbagai hobi sederhana di atas rupanya berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kecerdasan? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE