Bangga, Ambon Jadi Kota Musik Dunia! | Breaktime
Bangga, Ambon Jadi Kota Musik Dunia!
24.03.2017

Siapa yang tak mengenal Indonesia? Negeri kepulauan dengan banyak sekali wilayah yang tersebar membuat Indonesia juga memiliki kekayaan alam, budaya, tradisi, dan keberagaman lainnya. Salah satunya adalah kota Ambon. Kota yang terletak di daratan Maluku ini mulai banyak dilirik oleh masyarakat dunia. Mulai dari wisatanya, budaya, sampai dengan kesenian yang ada.

Bahkan jika ditelisik ke belakang, Ambon juga telah berperan penting dalam dunia hiburan Indonesia, khususnya dunia musik. Sudah banyak musisi-musisi hebat asal kota Ambon yang lahir. Sebut saja Broery Marantika, Melky Goeslaw, Utha Likumahuwa, Chris Pattikawa, Daniel Sahuleka, Glenn Fredly, Barry Likumahuwa, Gamaliel Tapiheru, Audrey Tapiheru, dan Monita Tahalea. Sebenarnya masih banyak lagi musisi Ambon yang tak bisa disebut satu-satu.

Baca juga : VIRAL, GLENN FREDLY JADI BERITA SELEBRITIS HARI INI!

Seperti yang sedang ramai saat ini bahwa Kota Ambon akan segera dicanangkan sebagai city of music oleh UNESCO. Seperti yang disebutkan sebelumnya tentang musisi-musisi besar asal Ambon, membuktikan bahwa Ambon memiliki kekayaan budaya dan seni musik yang dijaga turun-temurun.

Sebelumnya di tahun 2016, pemerintah kota Ambon, khususnya Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf), mencanangkan Program Ambon Menuju Kota Musik Dunia. Pengembangan subsector musik di Indonesia didukung penuh oleh pemerintah.

Bangga, Ambon Jadi Kota Musik Dunia! | Breaktime
Pencanangan Program Ambon Menuju Kota Musik Dunia

Kepala Bekraf, Triawan Munaf mengatakan bahwa Bekraf berperan untuk membantu menjadikan Ambon sebagai kota musik dunia sesuai dengan standar UNESCO dengan melakukan serangkaian program dan bakat yang telah terbentuk menjadi sebuah pondasi untuk membangun perekonomian di Ambon.

Cara lain untuk membuat Ambon diakui sebagai kota musik dunia adalah dengan membentuk rencana aksi berdasarkan lima pilar, yaitu infrastruktur, musisi dan komunitas, proses belajar, pengembangan industri, dan nilai sosial budaya.

Baca juga : SOSOK RARA SEKAR, MIRIP BANGET DENGAN ISYANA

Tak hanya pemerintah Ambon yang berbicara tentang dicanangkannya Ambon sebagai kota musik dunia, Glenn Fredly yang juga seorang musisi kenamaan Indonesia asal Ambon ikut menanggapi,

Ambon saat ini sudah dicanangkan sebagai city of music di Indonesia, tahun depan kemungkinan besar akan diakui secara sah oleh UNESCO sebagai kota musik.”

Bangga, Ambon Jadi Kota Musik Dunia! | Breaktime
Glenn Fredly ikut berbicara tengan Ambon sebagai kota musik dunia

Glenn juga menyebutkan bahwa Ambon sudah sangat konsisten untuk menjaga kelestarian musik dan secara aktif menghadirkan musik di berbagai kesempatan. Tak hanya musik-musik modern yang mereka pertahankan, tetapi juga musik tradisional khas Ambon.

Bahkan Glenn juga menuturkan, “Salah satu yang akan segera diresmikan adalah Hoegeng Centre, yang merupakan pusat musik hawaian yang dulu dipopulerkan oleh mantan Kapolri Hoegeng.”

Baca juga : INILAH 5 GENERASI PENERUS EINSTEIN ALIRAN ROCK

Hoegeng Iman Santoso adalah salah satu tokoh perintis Republik Indonesia dan menginterpretasikannya dalam bentuk kreativitas. Ia adalah mantan Kapolri legendaries yang terkenal sangat lugas, jujur, dan pecinta musik. Ia juga yang merupakan pegiat musik Irama Lautan Teduh di Indonesia atau yang lebih dikenal dengan musik Hawaiian.

Cita-cita Hoegeng adalah menjadikan musik Indonesia sebagai tuan rumah negeri sendiri. Salah satu bentuk dedikasinya adalah dengan mendirikan Yayasan Musik Indonesia. Kini, tak hanya masyarakat Ambon yang harus mewujudkan cita-cita Hoegeng, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE