Band yang Memiliki Sebuah Arti di Balik Nama | Breaktime
Band yang Memiliki Sebuah Arti di Balik Nama
06.07.2018

Breaktime.co.id - Setiap orang tua pasti memiliki arti untuk menamai anaknya. Tidak berbeda dengan sebuah band, personelnya sendiri pasti memiliki alasan mengapa mereka memiliki sebuah arti saat ingin memberi nama bandnya. Entah itu mereka dapatkan dari inspirasi yang mereka ketika menciptakan lagu, pengalaman pribadi atau sesederhana diberikan oleh temannya. Alasannya pasti karena ingin mudah di ingat oleh orang-orang dan penggemarnya. Berikut adalah band yang memiliki arti dibalik nama bandnya.

1. NIRVANA

Sebelum memilih nama bandnya menjadi "Nirvana", Kurt Cobain sudah memiliki list untuk dipakai sebagai nama band nya. Seperti Poo Poo Box, Whisker Biscuit, Gut Bomb, Bat Guana, Fecal Matter dan masih banyak lagi. Namun suatu hari, Kurt sedang menonton TV ada tayangan mengenai sejarah Buddhism. Dari tayangan tersebut Kurt memutuskan untuk menjadi seorang pengikut Buddha, meskipun pembentukan tersebut hanya dari acara yang Ia tonton di Televisi. Akhirnya pun Kurt memutuskan memberi nama bandnya “Nirvana” karena dalam Buddhism “Nirvana” memiliki arti pencapain sempurna atau mencapai kesempurnaan.

2. PEARL JAM

Semua personel "Pearl Jam" sangat menyukai dibidang olahraga, terutama basket. Saking kecintaannya dengan olahraga basket sebelum dinamakan Pearl Jam, band ini memiliki sebuah nama “Mookie Blaylock” yang diambil dari nama pemain basket NBA. Ide nama tersebut berasal dari bassist mereka sendiri yaitu Jeff Ament yang sangat fanatik dengan basket. Karena masalah legalitas, akhirnya nama band tersebut diganti menjadi “Pearl Jam”. Nama tersebut diambil karena sang vokalis Eddie, dia cinta banget sama neneknya. Kenapa? Karena nama nenek Eddie ini bernama “Pearl” dan neneknya Eddie ini suka dan jago banget bikin selai (Jam), jadi dinamakan “Pearl Jam”.

3. WU TANG CLAN

Penggemar hip-hop pasti sudah tidak asing dengan nama grup musik yang satu ini, grup yang memiliki aliran hip-hop ini dibentuk pada 1992. Nama ini diambil karena secara kebetulan semua personelnya menyukai seni bela diri, mereka pun mendapatkan ide dari film keluaran 1981 yang menceritakan bela diri yaitu Shaolin & Wu Tang. Tak sekadar jadi inspirasi nama, kesukaannya terhadap kung-fu berimbas pada musikalitas Wu-Tang Clan secara keseluruhan. Musik-musik Wu-Tang Clan, selain bertumpu pada perbendaharaan kata slang juga dibangun atas mitologi kung-fu yang dapat dijumpai di banyak nomor. Namun para personil juga memberi kepanjangan dari nama Wu Tang itu, yaitu “Witty Unpredictable Talent and Natural Game”.

4. SHEILA ON 7

Yang terakhir ada band dari tanah air nih guys yaitu Sheila On 7. Kenapa dinamakan Sheila On 7? Dan kenapa ada nama “Sheila” diantara nama band ini? Jadi “Sheila” ini diambil dari nama temen SMA Eros, yang juga temen SD Duta dan Adam. Semuanya berawal saat pertama Adam dan Eross berkenalan dulu, Adam memanggil Eross dengan panggilan “temannya Sheila ya ?!”, dan Eross pun menjawab “kamu temannya Sheila juga ya ?!”, sehingga nama tersebut seringkali disebut dalam perbincangan mereka. Sedangkan “On 7” maksudnya adalah “pada 7 nada yaitu do-re-mi-fa-sol-la-si”. Sehingga nama “Sheila On 7” kira-kira artinya adalah teman-temannya “Sheila” yang memainkan 7 nada / memainkan musik.

Kalau dipikir-pikir, memberi nama untuk sebuah band itu memang gampang-gampang susah. Rasanya semua istilah keren sudah dipakai orang. Namun kadang, ilham berupa nama itu datang tanpa diundang juga.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE