Asal Usul 2 Makanan Terlezat Dunia Khas Indonesia | Breaktime
Asal Usul 2 Makanan Terlezat Dunia Khas Indonesia
18.07.2017

Indonesi memang sebuah negara yang kaya. Mulai dari budaya, wisata, hingga kulinernya. Setiap daerah di negeri ini punya ketiga hal tersebut. Bahkan akhir-akhir ini di berbagai media sedang heboh bahwa Rendang dan Nasi Goreng jadi urutan teratas masakan atau makanan terlezat di dunia versi CNN. Yup, keduanya adalah makanan khas Nusantara yang memang sudah tak asing lagi di lidah pecinta kuliner dunia.

Cita rasa masakan Nusantara memang tak ada yang bisa mengalahkan. Bahkan bukan hanya cita rasanya, masakan Nusantara selalu memiliki sejarah dan makna yang dalam. Berbicara tentang rendang dan nasi goreng, apakah kita sebagai orang Indonesia tahu benar asal usul kedua makanan ini? Apa filosofinya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lebih Dekat dengan Alat Musik Unik Hydraulophone

Asal usul rendang

Asal Usul 2 Makanan Terlezat Dunia Khas Indonesia | Breaktime
Rendang jadi makanan terlezat di dunia

Makanan dengan bahan utama daging sapi ini berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Sampai akhirnya catatan tentang makanan tradisional Minangkabau ditemukan pada awal abad ke-19. Sebenarnya, ada banyak sumber sejarah makanan ini. Catatan lain ditemukan dalam buku harian Kolonel Stuers pada tahun 1827.

Sejarah rendang juga tak lepas dari kedatangan orang Arab dan India di kawasan pantai barat Sumatera. Dipercaya orang India banyak tinggal di Minang pada abad ke-14 dan mereka mulai memperkenalkan bumbu serta rempah-rempah. Sejarahnya memang tidak terlalu jelas, namun filosofi dari setiap bahan makanan ini sangat jelas.

Bahan pertama adalah daging yang melambangkan niniak mamak dan bundo kanduang. Maknanya adalah sebagai pemberi kemakmuran pada anak pisang dan kemenakan. Sedangkan karimbia atau kelapa melambangkan kaum intelektual yang mampu merekatkan kebersamaan. Lado atau sambal melambangkan alim ulama yang tegas dan pedas dalam mengajarkan agama. Kemudian yang terakhir adalah bumbu dan melambangkan sebagai individu. Nah, jadi seperti itulah makna rendang di mata masyarakat Minangkabau.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Tips Unik untuk Rayakan Hari Lahir Pancasila

Asal usul nasi goreng

Asal Usul 2 Makanan Terlezat Dunia Khas Indonesia | Breaktime
Nasi goreng juga jadi makanan terlezat di dunia

Bagaimana dengan nasi goreng? Sebenarnya, nasi goreng sudah ada sejak tahun 4000 sebelum masehi. Ini adalah masakan tradisional Tionghoa. Sejak dulu, masyarakat Tionghoa dikenal sangat hobi merantau. Mereka pun menciptakan nasi yang digoreng dengan tambahan bumbu-bumbu yang ada di sekitar tempat tinggal mereka saat sedang merantau.

Ide sebenarnya adalah karena masyarakat Tionghoa tidak suka dengan makanan dingin, sehingga mereka memasak kembali makanan yang sudah dingin tersebut. Agar cita rasanya lebih nikmat, mereka pun menambahkan bumbu sesuai selera. Penyebaran nasi goreng ini pun hanya melalui mulut ke mulut.

Hingga akhirnya nasi goreng jadi sangat populer di Indonesia. Hal ini mungkin juga karena penyebaran masyarakat Tionghoa di Indonesia juga banyak. Pada intinya, sekarang ini nasi goreng jadi sangat identik di Tanah Air.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ada Banyak Hal Unik Di Balik Perayaan Waisak

Setiap turis mancanegara yang berkunjung ke Indonesia pasti akan mencari dua jenis makanan ini. Selain memang sangat termahsyur, kedua makanan ini juga memiliki cita rasa yang paling pas dengan lidah siapapun.

Tak heran jika tahun ini, rendang dan nasi goreng kembali menduduki peringkat pertama dan kedua makanan terlezat di dunia versi CNN. Setelah itu, disusul dengan makanan khas Jepang yaitu Sushi. Di peringkat keempat dan kelima diduduki oleh makanan khas Thailand, yaitu Tom Yam Goong dan Pad Thai. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE