Andira, Calon Dokter Beri Warna Baru Dunia Musik | Breaktime
Andira, Calon Dokter Beri Warna Baru Dunia Musik
11.01.2017

Dunia musik Indonesia sepertinya sedang berada di atas daun. Banyak penyanyi muda yang kini mulai berani terjun ke musik. Salah satu yang paling baru adalah Andira. Penyanyi muda dan juga cantik kelahiran Jakarta, 8 Maret 1991 ini telah mengeluarkan satu album di pertengahan tahun 2016 lalu.

Album bertajuk What I Love yang menjadi debut pertamanya, diproduseri oleh Rishanda Singgih dan dibantu dengan pengaransemen orchestra lulusan Berklee College of Music, Ricky Lionardi. Tak hanya itu, hebatnya Andira juga didukung oleh beberapa musisi kenamaan Indonesia seperti Asta dan Nino RAN serta Ilman dan Lale Maliq & D’Essentials.

Oh iya, berkat kerja samanya dengan Rishanda Singgih, Andira akhirnya juga bisa bekerja sama dengan Budapest Symphony Orchestra. Dalam albumnya, Andira membawakan 10 judul lagu. Beberapa di antaranya adalah Misteri Tentang Rasa, Biar Semesta Bicara, dan Dialah yang Tersimpan di Hatimu. 

Andira, Calon Dokter Beri Warna Baru Dunia Musik | Breaktime
Ini, nih si cantik Andira yang mulai menggebrak industri musik!

Hebatnya lagi, pelantun single Menghilang ini memilih aliran musik yang jarang dipilih oleh kebanyakan musisi. Ia mengklaim bahwa ia membawakan musik dengan aliran vintage pop. Andira juga mengaku bahwa dirinya terinspirasi dari musisi besar seperti Joss Stone.

Dalam album perdananya, Andira juga mengaransemen ulang lagu gubahan Guruh Soekarno Putra yang berjudul Melati Putih. Memang tidak sepenuhnya diaransemen oleh musisi muda ini, karena ia menganggap bahwa lagu tersebut merupakan lagu sakral.

Selain terinspirasi oleh Joss Stone, Andira juga sangat mengagumi Anggun C. Sasmi dan John Mayer. Itu juga yang membuatnya memilih genre vintage pop. Hal itu karena musik pop sangat easy listening dan memilih vintage agar musik yang didengar tidak mainstream ataupun sidestream. Andira berani menggebrak industri musik Indonesia dengan lebih fresh.

Sebenarnya jauh sebelum ia merilis album perdananya, Andira sempat merilis satu single berjudul Enyah saat dirinya masih duduk di bangku SMA tepatnya pada tahun 2012. Setelah itu, ia vakum karena sibuk mempersiapkan diri masuk kuliah.

Andira, Calon Dokter Beri Warna Baru Dunia Musik | Breaktime
Seger banget, kan B’timers!

Tahukah Anda bahwa Andira tak hanya jago dalam bermusik lho B’timers. Ia juga sangat gemilang dalam dunia pendidikan. Bagaimana tidak, gadis berusia 21 tahun ini sekarang tercatat sebagai mahasiswi Fakultas Kedokteran di salah satu universitas di Jakarta.

Wah, sudah cantik, jago nyanyi, calon dokter pula. Idola banget, ya B’timers. Tak heran jika banyak masyarakat, khususnya para penggemar yang membandingkan Andira dengan Raisa dan Isyana. Namun, Andira mengaku tak merasa keberatan. Karena Andira merasa memberikan warna baru yang berbeda dengan lainnya lewat album perdananya dan sesuai dengan ciri khasnya sendiri. Meski Andira mengklaim genre musiknya sebagai vintage pop, tetapi ia mengaku bahwa genre tidak akan menyekat dan membatasi dirinya dalam berkarya. Hanya saja saat ini Andira sedang berada pada vintage pop.

Meski saat ini karirnya sedang banyak dibandingkan dengan senior-seniornya, ia tetap optimis dan percaya diri untuk memperkenalkan hasil karya originalnya. So, sukses terus deh untuk Andira semoga masyarakat suka dengan karya yang baru dan fresh. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE