Ah Long Bocah Terasing Hidup Hanya Dengan Anjing | Breaktime
Ah Long, Bocah Terasing Hidup Hanya Dengan Anjing
01.12.2016

Apakah B’timers pernah menonton film I am the Legend yang dibintangi oleh Will Smith? Film ini menceritakan seseorang yang hidup sendirian hanya ditemani dengan seekor anjing. Film ini ternyata dialami oleh seorang bocah yang hidup di kaki bukit Gunung Malu, Liuzhou, Guangxi, China.

Siapa Ah Long?

Namanya Ah Long. Usianya baru 6 tahun. Kisahnya mulai ramai diperbincangkan pada tahun 2010 lalu. Ia hidup sebatang kara bersama dengan anjingnya. Ini semua bukan keinginannya. Orang tua Ah Long meninggal di tahun 2008 dan 2010 akibat menderita penyakit HIV.

Masyarakat di sekitar rumahnya mengucilkannya, karena mereka menganggap bahwa Ah Long juga menderita HIV/Aids. Satu-satunya yang menjadi teman Ah Long adalah seekor anjing yang diberi nama Lao Hei. 

Ah Long Bocah Terasing Hidup Hanya Dengan Anjing | Breaktime
Ah Long bersama dengan sahabatnya

Sebenarnya Ah Long juga mempunyai seorang nenek. Namun, neneknya tidak ingin tinggal bersamanya dan hanya beberapa kali mengunjunginya untuk sekedar memasak.

Bagaimana dia hidup?

Ah Long ternyata tidak hanya dikucilkan oleh tetangga, ia juga tidak diijinkan lagi bersekolah oleh semua sekolah di sana. Bahkan dokter pun tidak mau mengobatinya kalau terbukti dia sakit.

Biro sipil daerah setempat hanya memberikan dana sebesar 70 yuan per bulan atau sekitar Rp 90 ribu. Itu semua tidak cukup untuk membiayai kehidupannya. Ia melanjutkan hidupnya dengan kemampuannya sendiri.

Ah Long Bocah Terasing Hidup Hanya Dengan Anjing | Breaktime
Ah Long melakukan semua hal sendiri

Ia makan dengan hasil menanam cabai, daun bawang, dan memelihara ayam. Mencuci dan memasak juga ia lakukan sendiri. Banyak simpatisan yang menyumbangkan pakaian, beras, selimut, dan makanan lain padanya.

Namun, semenjak kehidupannya diangkat media, ia mulai membaik. Banyak orang berhati mulia yang mau menolongnya dengan membangunkan rumah baru di samping rumah lamanya. Selain itu, rumah amal di kota Liuzhou bersedia untuk merawatnya.

Melihat kisah hidup Ah Long yang miris, akan lebih baik kalau kita semua belajar untuk bersyukur dan peduli terhadap sesama. Hopefuly, kita semua bisa mengambil pelajaran dari kisah hidup Ah Long. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE