7 Profil Raja Saudi Arabia yang Gemparkan Dunia | Breaktime
7 Profil Raja Saudi Arabia yang Gemparkan Dunia
05.10.2015

Arab Saudi memang menjadi salah satu negara monarki terkuat di dunia. Selain memiliki kedudukan strategis dalam hubungan internasional, kerajaan Saudi juga berkembang menjadi salah satu poros perekonomian dunia, utamanya sektor minyak mentah. Tak heran bila gaya hidup warga kerajaan Arab Saudi kerap jadi sorotan publik.

Berikut ini merupakan profil raja-raja yang pernah memimpin  Saudi:

Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud

Lahir di Riyadh tahun 1880, Raja pertama Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud wafat pada tahun 1953. Ia mulai memerintah kerajaan Saudi pada tanggal 22 September 1932 hingga 9 November 1953. Raja Abdul Aziz dikenang sebagai negarawan besar yang pandai berpolitik dan bagus dalam pengelolaan sumber daya alam.

Raja Saud bin Abdul Aziz

Raja Saud bin Abdul Aziz lahir pada tahun 1902 dan wafat pada tahun 1969. Ia mulai memimpin kerajaan Saudi pada tahun 1953 hingga 1964. Selama masa pemerintahannya, Raja Saud mendirikan kementerian perdagangan, kementerian pendidikan, dan kementerian kesehatan. Sayangnya, pemerintahannya sempat yang kurang bijak sehingga digulingkan oleh keluarga sendiri.

Raja Faisal bin Abdul Aziz

Raja Faisal menghapuskan sistem perbudakan dari Saudi selamanya
Raja Faisal menghapuskan sistem perbudakan dari Saudi selamanya

Raja Faisal bin Abdul Aziz lahir di Riyadh pada tahun 1906 dan wafat pada 1975. Nasa pemerintahannya dimulai pada tahun 1964 dan berakhir ketika beliau wafat. Ia dikenal sebagai raja paling lurus yang menegakkan syariah Islam dan  rela membeli seluruh budak dengan uang pribadi. Ia juga melarang sistem perbudakan di Saudi selamanya.

Raja Khalid bin Abdul Aziz

Setelah Raja Faisal Wafat, Raja Khalid bin Adul Aziz naik tahta dan mulai memerintah pda tahun 1975 hingga 1982. Ia banyak membuat kebijakan seperti memperbaharui persenjataan kerajaan dan lainnya. Namun, di tahun yang sama ia juga meninggal karena serangan jantung.

Raja Fahd bin Abdul Aziz

Usai menduduki jabatan sebagai Menteri Pendidikan, Raja Fahd bin Abdul Aziz dilantik pada tahun 1982 hingga 1921. Ia berkontribusi besar dalam bidang diplomasi internasional Kerajaan Arab Saudi. Namun, di tahun 1921 ia meninggal setelah terserang stroke.

Raja Abdullah bin Abdul Aziz

Sejak tahun 1995, Raja Abdullah telah mewakili peran Raja Fahd yang terserang penyakit stroke. Ia juga dikenal sebagai raja yang memegang ajaran agama sangat kuat dan punya rasa tanggung jawab besar pada rakyatnya, termasuk warga Tanah Air. Ia meninggal pada bulan Januari 2015 setelah berperang dengan penyakit yang dideritanya.

Raja Salman bin Abdul Aziz

Raja yang memerintah kerajaan Saudi saat ini berhasil mengubah tata kota Riyadh menjadi lebih kosmopolitan dan akademik. Ia dikenal memiliki semangat besar dalam reformasi dan perubahan sosial untuk negaranya.

Nah, itulah profil singkat raja-raja Saudi Arabia. Apakah rasa penasaran B’timers sudah sedikit terobati?

Share This Article