6 Jenis Vespa Paling Dicari Scooterist | Breaktime
6 Jenis Vespa Paling Dicari Scooterist
24.05.2017

Vespa adalah jenis kendaraan roda dua yang termasuk dalam salah satu kendaraan antik. B’timers yang suka banget dengan gaya klasik pasti juga cinta dengan kendaraan yang satu ini. Vespa jadi salah satu barang antik yang paling dicari oleh para scooterist. Menurut mereka, semakin lama usia vespa tersebut, maka semakin memiliki nilai sejarah yang tinggai, jadi tak heran jika harganya juga nggak masuk akal. Vespa sendiri ternyata sudah ada sejak tahun 1943. Sejak saat itu pula, telah banyak jenis vespa yang diproduksi.

Sampai sekarang vespa masih menjadi banyak buruan para scooterist dan kolektor barang antik. Namun, yang paling banyak dicari adalah vespa-vespa langka yang jenisnya sudah tidak keluar dan usianya sudah sangat tua. Breaktime berhasil merangkum beberapa jenis vespa paling langka dan banyak dicari. Apa saja, ya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
In Memory of Nicky Hayden, Duka dari Dunia Balap

Jenis vespa yang pertama adalah MP 5 Paperino yang dirilis pada tahun 1943. Ini adalah jenis vespa pertama yang diproduksi. MP 5 Paperino ini memiliki sebutan Donal Bebek. Vespa ini diproduksi tepat di akhir perang dunia ke-2. Hanya saja, pihak Piaggio tidak menyukai prototipe vespa ini. Sekarang MP 5 Paperino jadi vespa paling banyak dicari meski susah untuk mendapatkannya.

Selanutnya adalah kakak dari MP 5 Paperino, yaitu MP 6 Prototype yang diproduksi 2 tahun setelahnya, yaitu pada tahun 1945. Jenis skuter ringan dan serbaguna ini diperkenalkan pada bulan Apri 1946 oleh komunitas pemain golf di Roma. Bahkan banyak scooterist yang menganggap bahwa vespa ini sebagai awal petualangan skuter di seluruh dunia.

The next goes to Vespa 98 yang diproduksi pada tahun 1946. Jenis skuter ini didesain sesuai dengan kondisi jalanan kala itu. Tepatnya pada masa setelah perang dunia ke-2. Bisa dibayangkan bagaimana buruknya kondisi jalanan kala itu terkena bom, meriam, dan tembakan-tembakan. 

6 Jenis Vespa Paling Dicari Scooterist | Breaktime
Vespa 98
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Berani Jajal 7 Lift Paling Ekstrim Di Dunia Ini?

Satu tahun berikutnya kembali diproduksi jenis Vespa 98 cc Race pada tahun 1947. Di tahun-tahun setelah perang dunia membuat vespa begitu populer, khususnya di Italia. Hal tersebut membuat pihak Piaggio terinspirasi untuk membuat jenis yang lebih agresif dan cepat saat melaju. Jenis vespa inilah yang mampu mendapat gelar terbaik di Monte Mario Hill Climb pada tahun 1947 yang kala itu dikemudikan oleh Joseph Cautriumphs. Tak heran jika vespa ini masuk dalam daftar paling langka dan paling dicari.

Di tahun 1949 kembali diproduksi sebuah skuter yaitu Vespa 125 Circuito. Namanya cukup unik, namun pemberian nama ini bukan tanpa makna. Pada tahun 40an, para perusahaan sepeda motor berlomba untuk mengikuti pertandingan yang diadakan di beberapa kota di dunia. Hal ini dilakukan sebagai bentuk promosi kendaraan mereka. Itu pula yang membuat Piaggio akhirnya mengeluarkan vespa jenis ini. Tujuannya adalah untuk mendekatkan masyarakat dengan sektor otomotif yang akhirnya bisa menambah pelanggan baru yang lebih potensial.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lukisan Terkenal Ini Punya Kode Rahasia, Apa ya?

Vespa Montherely juga jadi skuter paling dicari karena desainnya yang langka. Tepat pada 7 April 1950 di sirkuit Montherely, Perancis vespa jenis ini mampu memecahkan 17 rekor dunia. Skuter jenis ini melakukan pengujian selama 10 jam dengan 3 orang pembalap yang mengemudikannya secara bergantian.

Jenis-jenis vespa tersebut saat ini memang sangat susah dicari karena memang usianya yang sudah cukup lama. Kalaupun ada, para scooterist pasti rela mengeluarkan kocek besar demi menambah koleksi mereka dan menunjukkan kecintaan mereka terhadap kendaraan roda dua paling antik di dunia ini. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE