5 Acara TV Populer dengan Episode Terlarang | Breaktime
5 Acara TV Populer dengan Episode Terlarang
06.02.2016

Saat bersantai dirumah dan menghabiskan waktu senggang, acara TV adalah teman terbaik. Mulai dari serial kartun, program musik, kuis, ataupun reality show dengan bermacam tantangan yang menegangkan. Namun, dari sekian banyak acara TV populer dan menghibur, beberapa acara TV memiliki episode yang dilarang tayang. Kira-kira kenapa ya, B’timers?

5 Acara TV Populer dengan Episode Terlarang | Breaktime
Film tentang ruang angkasa dan alien ini, juga pernah dilarang tayang

Star Trek (1968)

Star Trek yang pernah menjadi salah satu film favorit ini, memiliki episode terlarang di tahun 1968. Episode dengan judul ‘Patterns Of Force’ ini menggambarkan sebuah planet asing yang menggunakan kebijakan sosialisme nasional. Bahkan episode ini menggunakan simbol Nazi dan mengisahkan tentang ras alien yang menderita seperti halnya masyarakat Jerman.

Spongebob SquarePants (1999)

Serial kartun tentang makhluk laut ini, pernah dilarang tayang di Indonesia karena dianggap tak sesuai untuk anak-anak. Namun, beberapa bulan kemudian serial kartun ini kembali diputar di salah satu stasiun TV swasta di Indonesia.

Selain di Indonesia, serial TV Spongebob juga pernah dilarang tayang di Ukrainaa, terutama episode ‘Prime Time Episode in China’. Komisi penyiaran Ukraina yang mendedikasikan untuk perlindungan moral melarang episode yang dianggap dapat merusak moral bangsa ini.

5 Acara TV Populer dengan Episode Terlarang | Breaktime
Spongebob SquarePants juga sempat dilarang di Indonesia

Aqua Teen Hunger Force (2008)

Sebuah episode parodi dari Aqua Teen Hunger Force pernah mengakibatkan Turner Media mendapatkan denda sebasar $ 2 juta. Masalah ini kemudian menyebabkan sebuah episode parodi berjudul ‘Boston’ dilarang keras mengudara setahun kemudian.

South Park (2010)

Sebuah episode berjudul ‘201’ dari South Park dilarang tayang di beberapa negara Eropa dan Amerika Serikat. Episode terakhir dari 14 episode khusus musim panas ini menyindir tentang kemarahan masyarakat muslim karena penggambaran Nabi Muhammad.

Bahkan, South Park tak segan menayangkan gambaran langsung Nabi Muhammad dan dialog yang menyebabkan suasan semakin memanas. Akibatnya, beberapa stasiun TV yang menayangkanya memilih untuk memberikan sensor berupa bip pada beberapa dialog.

5 Acara TV Populer dengan Episode Terlarang | Breaktime
Salah satu episode acara game tantangan ini, pernah dilarang pada 2012

Fear Factor (2012)

Siapa yang tak tahu tentang acara game tantangan ini? Hampir semua orang tentu pernah menontonnya dan menjadikan Fear Factor sebagai acara TV favorit. Namun, salah satu episode berjudul Hee Haw! Hee Haw! Ditarik oleh NBC karena episode tersebut dianggap sangat buruk, menjijikkan dan memiliki konotasi seksual. Bahkan, NBC juga membantalkan seluruh seri Fear Factor setelah kejadian itu.

Stasiun TV ataupun komisi penyiaran, tentu memiliki alasan khusus untuk melarang penayangan acara atau program tertentu. Alasan utama tentu ada kaitannya dengan moral anak atau penonton yang harus dijaga. Alasan lain, bisa saja karena perbedaan dalam budaya atau pelecehan terhadap sebuah bangsa. (dfr)

Share This Article