3 Musisi Inspirasional dengan Fisik Tak Sempurna | Breaktime
3 Musisi Inspirasional dengan Fisik Tak Sempurna
04.06.2017

B’timers, seandainya Anda memiliki sebuah disabilitas alias ketidaksempurnaan pada bagian fisik Anda, apakah Anda akan langsung menyerah pada mimpi-mimpi Anda? Well, sebagian dari Anda mungkin bisa saja mengalami mental breakdown atau bahkan depresi ketika mengetahui bahwa Anda harus kehilangan fungsi salah satu organ fisik Anda. Hasilnya pun, Anda bisa jadi berhenti meneruskan perjuangan mimpi maupun karir Anda.

Namun hal-hal seperti itu justru tidak dialami oleh sederet musisi luar biasa yang berikut ini. Terlepas dari kekurangan yang mereka miliki, mereka tetap tidak kalah dari para musisi dengan kondisi fisik normal lainnya. Beberapa dari mereka bahkan sudah ada yang menjadi seorang difabel sedari lahir lho, B’timers. Akan tetapi, tidak ada yang namanya kosakata ‘berhenti’ di dalam kamus kehidupan mereka.

3 Musisi Inspirasional dengan Fisik Tak Sempurna | Breaktime
Rick Allen tetap sumringah bermain drum untuk band Def Leppard

Seperti halnya musisi penabuh drum dari band Def Leppard, Rick Allen. Pria ini kehilangan seluruh bagian lengan kirinya akibat kecelakaan yang Ia alami pada tahun 1984 silam. Pada saat itu, Rick tengah berkendara bersama kekasihnya pada malam tahun baru dengan kecepatan tinggi. Namun Rick tiba-tiba kehilangan kendali dan menabrak sebuah dinding bata secara brutal.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hari Musik Nasional: Ini Musisi Hebat Indonesia!

Awalnya Rick sempat depresi berat hingga akhirnya Ia memutuskan untuk kembali bergabung bersama Def Leppard. Rick pun menggunakan jenis drum elektrik yang didesain khusus untuk keterbatasan fisiknya. Sekalipun begitu, beberapa saat setelah Rick kembali bergabung, band ini menjual salah satu rekaman album paling laris sepanjang masa berjudul Hysteria

Next ada gitaris dari band kenamaan legendaris KISS, Paul Stanley. Ya, siapa yang sangka bahwa pentolan grup band KISS ini ternyata memiliki kekurangan fisik bawaan dari lahir? Paul divonis menderita kelainan telinga yang langka yang bernama Grade 3 Microtia

3 Musisi Inspirasional dengan Fisik Tak Sempurna | Breaktime
sosok Paul Stanley dengan rambut gondrongnya yang khas

Kelainan ini membuatnya hanya bisa mendengar dengan jelas di satu bagian telinganya saja. Hal ini pulalah yang menjadikannya seorang korban bullying di masa kecilnya dulu. Paul akhirnya tumbuh menjadi seorang yang kurang percaya diri namun lambat laun Ia memberanikan diri mendirikan grup band KISS— yang sejatinya merupakan salah satu grup band rock papan atas mancanegara.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Musisi Legendaris Ini Tak Pernah Dapat Grammy Awards

Dan kalau B’timers adalah penggemar aliran musik heavy metal, Anda pasti familiar dengan nama gitaris band Black Sabbath, Tony Iommi. Tony faktanya merupakan salah satu gitaris dengan pencapaian sukses yang gemilang walau Ia kehilangan sebagian jari tengah tangan kanannya. 

3 Musisi Inspirasional dengan Fisik Tak Sempurna | Breaktime
Tony Iommi masih tetap piawai dalam memainkan gitarnya

Ia bahkan sudah kehilangan jari tengahnya tersebut semenjak Ia berumur 17 tahun akibat kecelakaan kerja yang dialaminya di pabrik besi. Namun Ia beruntung sebab bosnya pada waktu itu memperdengarkan Tony pada gitaris jazz dunia Django Reinhart yang juga mempunyai ketidaksempurnaan pada bagian tangannya. Alhasil, Tony pun mendapatkan semacam anugerah sinar pencerahan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sedih, 5 Musisi Ini Justru Terkenal Di Negara Lain

Tak lama setelah itu, Ia langsung memodifikasi bagian string gitarnya sembari menambahkan fake fingertips yang terbuat dari botol sabun plastik. Kini, Anda pun bisa melihat dengan mata kepala Anda sendiri betapa lihai dan percaya dirinya Tony mengalunkan petikan demi petikan gitarnya di atas panggung.

Dari sini, kira-kira pelajaran apa yang bisa kita semua ambil B’timers? Yap, tentu saja kita harus mencontoh semangat dari para musisi di atas. Sama seperti mereka, kita pun harus percaya  bahwa dengan segenap talenta yang kita punya, maka disabilitas bukanlah hambatan apa-apa. Justru, keterbatasan fisik yang semacam ini seharusnya menjadi motivasi untuk terus maju dalam mengembangkan karir dan cita-cita kita. (kps)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE