3 Lagu Terkenal yang Diduga Hasil Plagiat | Breaktime
3 Lagu Terkenal yang Diduga Hasil Plagiat
18.02.2016

Musik mungkin adalah hal yang paling susah untuk dihindari. Mereka yang bukan musisi pun pasti menyukai karya seni berupa lagu. Namun, bagaimana jadinya jika lagu terkenal dan paling banyak didengarkan orang di seluruh dunia justru terjerat kasus penjiplakan terhadap lagu milik musisi lain? Berikut ini adalah 3 lagu super terkenal yang bahkan menduduki chart pertama Billboard dengan isu plagiat yang menerpanya.

  • Katy Perry - Dark Horse vs Flame – Joyful Noice

Lagu penyanyi Katy Perry, Dark Horse, yang beberapa waktu lalu dirilis mengalami nasib tidak menyenangkan. Lagu kolaborasinya dengan Juicy J itu diklaim melakukan pejiplakan terhadap lagu milik Flame dengan judul Joyful Noice. Kasus ini bahkan hingga dibawa ke meja hijau untuk diusut dan di adili. Dengarkan lagu mereka dan bandingkan sendiri kesamaannya.

Katy Perry – Dark Horse 

Flame – Joyful Noise 

  • Coldplay – Viva La Vida vs Joe Satriani – If I Could Fly

Coldplay  mencatat namanya sebagai raja chart Billboard pada tahun 2008 karena lagu Viva La Vida miliknya. Namun, lagu band legendaris dunia ini dinilai terlalu sama dengan lagu If I Could Fly milik gitaris Joe Satriani. Band yang digawangi oleh Chris Martin dan kawan-kawan itu menganggap bahwa kesamaan tersebut adalah sebuah ketidaksengajaan belaka. Kendati demikian, kasus tersebut tetap bergulir ke ranah hukum.

Coldplay – Viva La Vida 

Joe Satriani – If I Could Fly 

  • Rod Stewart – Da Ya Think I’m Sexy vs Jorge Ben - Taj Mahal

Da Ya Think  I’m Sexy milik penyanyi terkenal di zamannya, Rod Stewart, pun mengalami hal yang sama. Karena kemiripan beberapa nada dan melodi, lagu yang menduduki peringkat ke 1 chart Billboard pada 1979 ini dituding melakukan plagiarisme dari lagu Taj Mahal miliki musisi Brasil, Jorge Ben. Lalu melalui biografinya yang terbit pada tahun 2012, Stewart mengakui kasus tersebut dengan sebutan “penjiplakan tanpa sadar”.

Rod Stewart – Da Ya Think I’m Sexy 

Jorge Ben – Taj Mahal 

Setelah mendengar lagu-lagu yang diduga menjiplak di atas, bagaimana menurut B’timers? (nap)

Share This Article