Yayan Ruhian, Si Mad Dog Yang Perkenalkan Pencak Silat Di Layar Lebar | Breaktime
Yayan Ruhian, Si Mad Dog Yang Perkenalkan Pencak Silat Di Layar Lebar
02.08.2015

Apabila B’timers pernah menonton film layar lebar bergenre action berjudul The Raid dan The Raid 2: Berandal, pastinya juga mengetahui bahwa ada seorang pemeran antagonis yang miliki tubuh kecil, gempal dan berambut panjang, yaitu Yayan Ruhian.

Pria yang juga dikenal dengan panggilan Mad Dog ini lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada tanggal 19 Oktober 1968 silam. Bermula dari kegemarannya menekuni pencak silat sejak usia 10 tahun, Yayan kemudian menjadi instruktur bela diri profesional di sebuah perguruan silat pada tahun 1998. Tidak hanya di Indonesia saja, dia juga menjadi instruktur olahraga bela diri sampai ke luar negeri.

Bahkan dia juga menjadi salah satu anggota tim pencak silat yang berkesempatan unjuk kebolehan dalam Festival des Arts Martiaux de Paris Bercy di Institute Judo, Paris, Prancis. Di festival tersebut, bersama dengan rekan-rekannya yang lain, Yayan menampilkan seni bela diri Silek Minang asal Minang, Sumatera.

Walaupun bertubuh kecil, gerakan Yayan sangat lincah dan kuat
Walaupun bertubuh kecil, gerakan Yayan sangat lincah dan kuat

Karena kepiawaiannya dalam bela diri, pada tahun 2009, Gareth Evans menawarkan peran kepada pria yang juga lebih fokus pada olah tubuh elegan daripada serangan frontal ini untuk ikut serta dalam pembuatan film berjudul Merantau. Selain bisa menyalurkan bakatnya, di film ini Yayan juga berkesempatan merasakan nikmatnya berakting di depan kamera.

Setelah sukses membintangi Merantau, bersama Iko Uwais, Donny Alamsyah, Joe Taslim serta Ray Sahetapi di tahun 2012, Yayan mendapatkan peran antagonis di film garapan Gareth Evans lainnya, berjudul The Raid yang kemudian berlanjut di sekuel selanjutnya dengan judul The Raid 2: Berandal.

Selain akan tampil sebagai salah satu aktor di Star Wars Episode VII: The Force Awakening yang akan rilis pada akhir tahun 2015 nanti, dia juga membintangi beberapa film lainnya, seperti Yakuza Apocalypse, Beyond Skyline dan Comic 8: Casino Kings.

Share This Article