Bioskop rumah berasa seperti home movie
Trik Menyulap Rumah Jadi Home Theatre Layaknya Bioskop | Breaktime
20.05.2015

Untuk menikmati sensasi menonton film dengan memuaskan, layar lebar atau bioskoplah yang menjadi sarana penghubung film dan para pecintanya. Keseruan menyaksikan action lewat layar yang begitu lebar, dentum suara menggelegar, plus suasana temaram ruangan akan sukses bikin B’timers lega menonton film-film favorit.

And thanks to technology, kini Anda bahkan tak perlu repot ke luar rumah hanya untuk merasakan sensasi ekslusif nonton di bioskop. Kini, B’timers bisa mendesain rumah menjadi home theater yang  menakjubkan! And the good news is, Breaktime bakal kasih tips dan trik menyulap rumah jadi home theater yang copy paste dari keseruan suasana bioskop. Simak, yuk!

Trik Menyulap Rumah Jadi Home Theatre Layaknya Bioskop
Trik Menyulap Rumah Jadi Home Theatre Layaknya Bioskop

Pilih lokasi ideal

Space ideal untuk home theater adalah ruangan dengan ukuran sekitar 6 x 4 meter. Karena suaranya yang nanti akan menggelegar, ada baiknya Anda membuat home theater yang jauh dari ruang tamu atau ruang keluarga agar tak mengganggu ketenangan dan kenyamanan.

Isolasi dan sekat

Nah, bila Anda tak ingin kenyamanan terganggu dengan ketokan pintu kencang karena protes dengan dentuman suara,  pasang insulasi standar R30 yang akan meredam suara pada lantai, langit-langit, dan dinding ruangan. Selain itu, penambahan insulasi R11 juga akan mengatur performansi suara dan suhu ruangan.

Pasang drywall dan kedap suara

Tak hanya insulasi standar, Anda pun perlu memasang drywall untuk membuat ruangan semakin kedap saura. Anda bisa memilih soundproof  atau drywall biasa dan pastikan pemasangannya dengan memperhatikan letak kabel-kabel yang ada di dinding dan langit-langit.

Pasang kabel sound system

Bikin suasana nonton Anda benar-benar jadi dramatis dengan memasang  sound system 7.1. Sound system ini mencakup  tujuh channel speaker yang siap dipasang pada bagian bawah, kanan-kir layar, hingga dinding samping kursi penonton dan dinding belakang ruangan.

Home theater ciptakan sensasi menonton di rumah serasa di bioskop
Home theater ciptakan sensasi menonton di rumah serasa di bioskop

Setel video dan sound system

Begitu drywall dan kabel sound system selesai dipasang, Anda bisa menggantung speaker, proyektor dan layar untuk home theater. Speaker dan proyektor akan terhubung dengan receiver pada perangkat hub Anda.

Pasang kabel proyektor video

Pasang proyektor agar “bioskop” terasa makin realistis. Anda membutuhkan kabel HDMI dan CAT5 control wire untuk mengakses proyektor dengan radiofrequency (RF) remote. Kedua fitur ini akan bantu Anda nonton tanpa perlu repot-repot pointing at the projector!

Pasang kabel lighting

Pencahayaan yang baik sangat berpengaruh untuk mencitakan atmosfir bioskop yang sesungguhnya. Pasang lampu RF dimmer yang bisa dikendalikan melalui RF remote atau bahkan lampu akan melakukan pen-settingan otomatis menjadi lebih temaram ketika Anda menekan tombol play.

Pasang tempat duduk ala bioskop

Terakhir, sempurnakan home theater Anda dengan sofa yang nyaman. Jika perlu, gunakan kursi ala bioskop dengan tata letaknya yang serupa akan ruangan ini semakin berkarakter.

Finally, setelah menata selesai home theater, saatnya B’timers mempersiapkan DVD film-film terbaru yang sering Breaktime ulas. Temani pula waktu nonton Anda dengan camilan ringan dan minuman hangat yang makin bikin nyaman. Happy watching, B’timers!

Share This Article