Trailer Film 3 Srikandi yang Curahkan Inspirasi | Breaktime
Trailer Film “3 Srikandi” yang Curahkan Inspirasi
11.05.2016

Mungkin di masa sekarang, khususnya di Indonesia, seputar olahraga tak lagi menjadi topik yang digandrungi dan digilai. Namun, kehadiran film yang satu ini jelas memberi warna berbeda pada industri film tanah air. 3 Srikandi mengangkat kisah nyata perjuangan tiga wanita hebat Indonesia yang merupakan atlet panah, B’timers.

Film biopik ini menceritakan tiga atlet panah Indonesia yang pertama kali berhasil meraih medali emas di Olimpiade. Digarap sutradara profesional Iman Brotoseno, sang sutradara ikut andil dalam penulisan naskah bersama dengan Swastika Nohara. Lalu, seperti apa ya, jalan cerita film nasionalis yang satu ini?

Film 3 Srikandi dibuat dengan latar setting tahun 1988. Pada masa itu, Indonesia tengah melakukan persiapan untuk mengikuti Olimpiade Musim Panas ke-24 di Seoul, Korea Selatan. Karena pada saat itu cabang panahan sedang mengalami krisis, dalam waktu singkat, kehadiran pelatih handal sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan tim panahan wanita.

Dan, pelatih yang bisa dijadikan tumpuan kala itu hanyalah Donald Pandiangan seorang. Donald dikenal sebagai “Robin Hood Indonesia” di masanya. Tapi, lama sudah Donald menghilang. Karena kegagalannya berangkat ke Olimpiade Moskow disebabkan alasan politik, ia sangat terpukul ketika itu. Ia pun memutuskan menjauhi panahan di kehidupannya.

Tak hanya pelatih panahan saja, untuk tim panahan sendiri harus ada 3 atlet wanita terbaik untuk dipilih. Ketiganya adalah Nurfitriyana, Lilies dan Kusuma.  Di hari-hari menjelang olimpiade, suasana semakin “panas”. Mereka 3 Srikandi tersebut punya masalah masing-masing, selain itu ada ancaman bahwa tim tidak akan diberangkatkan sama sekali.

Pak Udi selaku pengurus persatuan panahan terpaksa membujuk serta meyakinkan Donald agar segera mempersiapkan tim panahan wanita. Dengan kepribadian yang disiplin dan keras, Donald harus mampu membimbing dan mengarahkan Yana, Lilies dan Suma agar sukses meraih prestasi puncak mereka.

Menempuh jalan yang terjal dan mendaki, mereka harus melalui masa latihan yang keras. Mengatasi perseteruan yang terjadi di antara mereka bertiga, ketiganya berlatih dalam waktu yang kian menipis. Baik fisik, emosi dan mental, semuanya ditempa habis-habisan demi persiapan menuju Seoul. Akhirnya dengan semangat teguh, mereka siap bertempur di lapangan.

Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris kawakan yaitu Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan, Tara Basro, serta Reza Rahadian. Film ber­-genre biografi ini akan dirilis di Indonesia pada 4 Agustus 2016. B’timers penasaran? Tonton trailer-nya dulu saja, dan nantikan tanggal mainnya. (md)

Share This Article