The Karate Kid, Hiburan Seru yang Menyiratkan Ajaran Buddha | Breaktime
The Karate Kid, Hiburan Seru yang Menyiratkan Ajaran Buddha
02.06.2015
“Doing your best means never stop trying.”

Ada beragam religi dan kepercayaan di dunia ini, dan sudah sepantasnya kita sebagai manusia berilmu hidup berdampingan dengan damai antar sesama pemeluk agama. Karena, pada dasarnya itulah yang diajarkan setiap religi, yaitu berbuat baik terhadap sesama. Sama halnya dengan religi Budha yang kita kenal sebagai kepercayaan mayoritas kaum etnis Cina.

Dan, dalam film remake 2010, The Karate Kid, yang berlokasi syuting di Cina dengan mengusung ilmu bela diri asal negeri bambu tersebut, di dalamnya banyak tersirat ajaran Buddha yang bisa kita petik.

Dipercayakan pada sutradara Harald Zwart, The Karate Kid menceritakan seorang anak asal Detroit bernama Dre Parker yang populer di lingkungannya. Namun, dunianya jungkir balik saat ia harus terbang ke Cina mengikuti kepindahan ibunya yang single parent demi bekerja menghidupi mereka. Di sekolah barunya, Dre jatuh hati dengan teman sekelasnya, seorang gadis cantik bernama Mei Ying.

Namun, perbedaan budaya menjadi rintangan yang berat untuk Dre. Tak hanya dalam persahabatannya dengan Mei, Dre juga menjadi sasaran bully Cheng, seorang anak yang jago bela diri. Cheng dan teman-temannya kerap mengerjai Dre dan Dre yang hanya tahu sedikit tentang karate terpaksa bertekuk lutut. Hingga akhirnya Dre bertemu dengan Mr. Han, seorang master kung fu yang akhirnya mengajarkan kung fu pada Dre hingga ia sukses menjadi master kung fu cilik.

Sepanjang proses berlatih, banyak sekali yang diajarkan Han pada Dre, dan di situ sarat dengan ajaran dalam Budha. Misalnya saja, kung fu bukan hanya soal pukulan dan tendangan, tetapi juga kedewasaan dan ketenangan.

Dre juga harus tekun berlatih dengan sabar sampai menguasai kung fu. Dan jawaban yang ia cari sebenarnya ada di dalam diri dan hatinya sendiri. Selain itu, seseorang akan jadi bijaksana setelah gagal melakukan sesuatu. Dan yang terpenting, kita harus melepaskan ego kita untuk bisa mencapai kebahagiaan yang datang dari dalam diri dan juga dari luar.

Film ini juga kental dengan kebudayaan Cina yang khas. Bertabur aktor kawakan dunia, The Karate Kid sukses meraih 5 awards dan 13 nominasi. Meski tergolong throwback movie, film ini tetap layak jadi tontonan segar B’timers!

 

Share This Article