The Fifth Estate Ungkap Tirani Tersembunyi Pemerintahan Masa Kini | Breaktime
The Fifth Estate Ungkap Tirani Tersembunyi Pemerintahan Masa Kini
19.09.2015

B’timers tentu pernah mendengar film The Social Network, kan? Film yang mengangkat perjalanan Mark Zuckerberg sebagai penemu Facebook ini berhasil menyedot perhatian publik yang tertarik dengan awal pembuatan website ternama tersebut.

Melihat kesukaan publik terhadap film bertema pembuatan website, sutradara Bill Condon memutuskan untuk mengangkat kisah mengenai WikiLeaks. Dengan judul The Fifth Estate, film ini menceritakan tentang para pendiri WikiLeaks seperti Julian Assange dan Daniel Domscheit-Berg dalam mengungkap berita rahasia yang disembunyikan oleh pihak pemerintah. Pembuatan WikiLeaks ini diawali saat Julian berhasil menemukan sebuah video penyerangan pasukan Amerika Serikat yang disembunyikan oleh pihak pemerintah.

Tidak membutuhkan waktu yang lama, setelah video tersebut ia unggah ke situs pribadinya, bermunculan respons publik terhadap pemerintah. Video yang ditonton hampir 2 juta netizen ini pada awalnya dianggap remeh, sampai pada akhirnya WikiLeaks mendapat respon tegas dari pemerintah.

Pemerintah mulai menelusuri siapa pemilik website ini dan akhirnya mereka menemukan sebuah nama yang menjadi target utama. Julian yang mengetahui dirinya dalam keadaan bahaya tidak mempedulikan hal tersebut dan tetap melakukan aktivitasnya untuk mengungkap informasi yang menurutnya harus ia sebarkan.

Konfilk di tubuh WikiLeaks mulai terasa. Mereka yang pada awalnya selalu sependapat dengan Julian akhirnya memberontak, termasuk Daniel yang menjadi rekan kepercayaan Julian. Daniel berusaha menghentikan langkah Julian yang menurutnya merupakan sebuah kebohongan.

Baca juga: IRON MAN, AKSI HEROIK SI ARIES DI LAYAR PERAK

Film yang berdurasi 2 jam ini mengungkap semua perjalanan dan konflik yang ada dalam pembuatan WikiLeaks. Karakter Julian Assange yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch mampu membawa roh tersendiri dalam film yang dibuat dari kisah nyata ini. Dan meski sudah rilis tahun 2013 lalu, film The Fifth Estate ini masih saja menjadi perbincangan karena temanya yang unik dan bikin penasaran.

Share This Article