Seperti Apa Reaksi Kita Saat Nonton Film Horor? | Breaktime
Seperti Apa Reaksi Kita Saat Nonton Film Horor?
20.03.2015

Film horor memang tidak pernah sepi dari penonton. Sensasinya yang memicu adrenalin selalu bisa menarik minat masyarakat. Terlebih lagi jika cerita dalam film tersebut diangkat dari kisah nyata. 

Namun, tahukah B’timers apa yang sebenarnya yang menjadi daya tarik dari film horor? Psikolog Dr. Glenn D. Walters mengemukakan faktor-faktor utama yang menjadi daya tarik film horror, antara lain tension (ketegangan yang tercipta lewat misteri, kegelisahan, ceceran darah, dan teror), relevance (mengangkat rasa takut masyarakat yang umumnya terjadi seperti ketakutan terhadap kematian dan hal-hal gaib yang tidak tampak), dan juga unrealism (efek yang digunakan untuk membuat hal tidak nyata seolah nyata).

Baca Juga: 5 Film Horor Terbaik Indonesia

Kalau Anda merupakan salah satu penggemar film horor, Breaktime punya informasi menarik mengenai reaksi orang saat menonton scary movie. Ingin tahu B’timers termasuk tipe yang mana? Check this out!

Seperti Apa Reaksi Kita Saat Nonton Film Horor?

Gore watching 

Penonton tipe ini bereaksi dengan rasa empati yang rendah dengan mencari dan menikmati sensasinya. Bagi penonton pria dengan tipe ini biasanya akan lebih fokus mencari si pembunuh atau pelaku.

Thrill watching

Anda yang termasuk dalam tipe ini akan mencari sensasi ketegangan dalam film horor dan lebih tergerak untuk memperhatikan segala sesuatu yang berhubungan dengan si korban.

Independent watching

Penonton bertipe independent watching bisa menikmati sensasi tegang dalam film seram. Meski demikian, intuisinya terbebas dari hal negatif sehingga penonton dengan tipe ini akan berpikir bahwa si korban pasti selamat. 

Problem watching

Anda yang tergolong dalam tipe ini memiliki ciri-ciri yang bertolak belakang dengan tipe independent watching dan akan menganggap si korban sudah pasti tidak selamat.

Mulai saat ini cobalah perhatikan reaksi orang di sekitar Anda saat menonton film horor ya, B’timers!

Share This Article