’71, Captured A Single Violent Night of Belfast in 1971 | Breaktime
’71, Captured A Single Violent Night of Belfast in 1971
04.02.2015

Film Hollywood di bulan Februari ini akan kembali menyita perhatian B’timers dengan hadirnya regu tentara Inggris yang terjebak di daerah konflik, Belfast di tahun 1971. Yap, film yang disutradarai oleh Yann Demange ini akan memotret kerusuhan di Irlandia Utara yang sekaligus menjadi mimpi buruk bagi seorang tentara muda.

Film berjudul ’71 yang ditulis oleh Andrew Pulver ini dengan sangat apik menceritakan tentang suasana panas yang kembali berkobar pasca pemilu di pertengahan tahun 60-an dan tentara Inggris banyak turun ke jalan raya di tahun 1969. Dalam waktu singkat, para pendukung partai Republikan dan loyalis pemerintah terpilih terlibat dalam pertempuran berdarah.

Para tentara Inggris dihadapkan pada keputusan sulit, yakni ketika mereka harus terjun untuk menghadapi pertikaian rakyat sipil yang berada di rumah-rumah dan di tahun 1971-lah aksi penawanan mulai bermunculan. Aksi ini mencapai puncaknya ketika di tahun 1972 terjadi pembunuhan setidaknya sebanyak 500 kasus.

In this movie, Demange invites us to see the historical backdrop through the eyes of a young squaddie, Gary Hook (Jack O’Connell). Dalam perjalanan pertama Hook menuju Irlandia Utara ini, ia malah harus terpisah dari kesatuannya pasca kerusuhan “kecil” yang mengakibatkan rekannya ditembak mati di depan mata kepalanya sendiri.

It’s Hook progress through the Belfast night that gives this drama its critical praise. Namun, film ini juga mengusung kekerasan cukup tinggi sehingga bila B’timers tak tahan dengan vice-like grip throughout, ada baiknya untuk menonton film Hollywood terbaru yang mulai tayang pada tanggal  27 Februari 2015 bersama dengan teman agar suasana ketegangan dapat sedikit mencair. 

Share This Article