Rayakan Halloween dengan Film Horor Feminis | Breaktime
Rayakan Halloween dengan Film Horor Feminis
06.10.2017

Bicara soal bulan Oktober pasti tak akan lepas dari Hari Halloween. Di Indonesia, perayaan Halloween memang tidak semeriah di negara-negara 4 musim karena memang Halloween adalah bentuk festival untuk menyambut musim gugur. Tapi, siapa bilang Anda tidak bisa membuat perayaan Halloween Anda sendiri dengan menonton koleksi film horror bersama dengan teman-teman?

Tapi, perjuangan menemukan film horror yang berkualitas, terutama jika Anda seorang feminis bisa jadi perjuangan tersendiri. Di kebanyakan horror movie trope, tokoh wanita seringkali digambarkan sebagai damsel in distress yang mudah panik dan harus selalu diselamatkan tokoh utama. Nah, BreakTime punya rekomendasi film horror khusus buat Anda para feminis, nih. Anda bakal dibuat terpesona dengan isu-isu yang sering jadi sorotan para feminis sedunia. Penasaran?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Romantisme Survival di The Mountain Between Us
  • Rosemary’s Baby (1968)

Kasus pemerkosaan yang melibatkan isu tentang kuasa wanita terhadap tubuhnya sendiri sampai sekarang jadi isu yang terus diperjuangkan oleh para feminis. Nah, sutradara Polanski mengangkat tema tersebut dengan sangat apik dalam film bergenre psychological horror ini. Tokoh utama dari cerita ini adalah seorang wanita bernama Rosemary yang diperkosa dan dihamili oleh Iblis, bahkan di bawah persetujuan suaminya sendiri. Film horor ini benar-benar menggambarkan ironi bahwa masih ada masyarakat yang berusaha mengatur dan mencabut hak wanita terhadap tubuhnya sendiri.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Alasan Kenapa My Little Pony Sangat Ditunggu!
  • The House of The Devil (2009)

Highlight dari film ini adalah penggambaran akan seberapa mengerikannya kehamilan yang disebabkan oleh pemerkosaan. Dan tentu saja isu satu ini sangatlah relevan dengan kejadian yang ada di sekitar kita, kan? Sekilas, cerita dari The House of the Devil kurang lebih mirip dengan cerita dari Rosemary’s Baby dimana Rosemary dan Samantha sama-sama dimanipulasi untuk kemudian dipaksa untuk mengandung anak dari Iblis.

Hanya saja, perbedaan besar terdapat pada Rosemary yang memang benar-benar menginginkan anak, sedangkan Samantha sama sekali tidak menginginkan hal tersebut. 

Rayakan Halloween dengan Film Horor Feminis | Breaktime
Film horror ini seram karena realistis!
  • The Babadook (2014)

This movie is something that every single mother can relate to. Film The Babadook mengisahkan tentang seorang ibu bernama Amelia yang berjuang seorang diri untuk membesarkan anak tunggalnya yang bernama Sam. Sepanjang film diputar, Anda akan disajikan dengan setting suasana kota yang gloomy dan mencekam. Tokoh Amelia pun digambarkan sebagai sosok ibu yang terlihat selalu lelah dengan gejala depresi, dan sepertinya hal tersebutlah yang berusaha disampaikan oleh film ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Akankah Blade Runner 2049 Sesukses Pendahulunya?

dari film ini kurang lebih adalah perjuangan dari seorang wanita yang mengidap depresi dan di saat yang sama meminggul beban parenting yang memang sangat berat. Pesan yang paling mengena dari film ini adalah, siapapun bisa mengalami depresi. Kita tidak bisa mengalahkan Babadook (depresi), tapi kita dapat bekerja sama untuk mengontrolnya.

  • Hush (2016)

Tokoh perempuan yang berusaha untuk bertahan diri dari serangan pembunuh berantai mungkin sudah terdengar sedikit mainstream, tapi bagaimana jika ia ternyata adalah seorang penyandang disabilitas?

Itulah yang akan Anda saksikan dalam film horror survival ini. Film Hush bisa dibilang merupakan film pertama yang menjadikan seorang penyandang disabilitas menjadi tokoh utama dan berhasil bertahan hidup di tengah ancaman seorang psikopat yang berusaha untuk membunuhnya. Pastinya, tak ada hal yang lebih empowering selain melihat sosok yang selalu dianggap “beban” atau “aib” bangkit menjadi sosok yang tangguh dengan daya survival yang tinggi. So loving this movie!

Demikianlah beberapa rekomendasi film horror feminis versi BreakTime. Selamat menonton! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE