1 Muharram nonton Muhammad: The Messenger of God | Breaktime
Rayakan 1 Muharram dengan Muhammad: The Messenger of God
14.10.2015

Di beberapa daerah di Indonesia, 1 Muharram alias 1 Suro biasanya diisi dengan kegiatan ruwatan atau larung sesaji. Jika B’timers tak sempat untuk mengikuti kegiatan-kegiatan adat tersebut, Anda bisa mengisinya dengan nonton film, kok. Tapi film apa ya yang paling pas? Jawabannya adalah Muhammad: The Messenger of God.

Film produksi Iran ini merupakan film Iran termahal dengan total biaya produksi mencapai $35 Juta atau sekitar Rp 500 milyar. Berkisah tentang sejarah Nabi Muhammad SAW, film ini berlatar abad ke enam dan fokus pada kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW.

1 Muharram nonton Muhammad: The Messenger of God | Breaktime
Proses pengambilan gambar Muhammad: Messenger of God

Majid Majidi, sang sutradara, bersama Kambuzia Partovi tak main-main dalam menyelesaikan proyek film besar ini. Bahkan penulisan naskah film telah dimulai pada tahun 2007. Dua tahun kemudian, rancangan naskah pertama baru masuk ke tangan prodsusen film.

Meskipun film produksi Iran, siapa sangka pengambilan gambarnya malah lebih banyak dilakukan di Afrika Selatan? Tak hanya itu, Majidi juga berkolaborasi bersama ahli sejarah dan arkeolog untuk menggarap detail cerita agar benar-benar akurat.

Sebelum dirilis ke publik, film yang selesai dibuat pada 2014 silam ini, sebenarnya akan ditayangkan perdana dalam Fajr International Film Festival pada 1 Februari silam, namun karena ada masalah teknis rencana ini dibatalkan. Tapi kemudian, 27 Agustus lalu, Muhammad: The Messenger of God, akhirnya dirilis di Iran dan Montreal World Film Festival.

Satu lagi kelebihan film ini adalah tidak ditunjukkannya fisik Nabi Muhammad. Selain untuk menghindari kontroversi, sosok Nabi Muhammad juga divisualkan dengan kilatan cahaya untuk menghormati umat Islam. Sedikit bocoran, Muhammad: The Messenger of God akan dibuat menjadi trilogi.

Penasaran dengan film ini, tonton dulu trailer resminya!

Share This Article