Queen of Katwe: Kisah Phiona Lepas Kemiskinan | Breaktime
Queen of Katwe: Kisah Phiona Lepas dari Kemiskinan
23.09.2016

Satu lagi film produksi Disney yang akan rilis pada 23 September ini dan melakukan premiernya di USA pada 30 September nanti. Film terbaru yang disutradarai oleh Mira Nair ini berjudul Queen of Katwe. Selain itu, film ini juga dibintangi oleh beberapa bintang besar Hollywood, antara lain Madina Nalwanga, David Oyelowo, dan Lupita Nyong’o.

Film Queen of Katwe rupanya juga diadaptasi dari sebuah novel karya Tim Crothers yang berjudul The Queen of Katwe: A Story of Life, Chess, and One Extraordinary Girl’s Dream of Becoming a Grandmaster. Novel ini bercerita tentang biografi seorang gadis asal Uganda yang bernama Phiona Mutesi yang diperankan oleh Madina Nalwanga. Lupita Nyong’o berperan sebagai ibu dari Phiona, yang bernama Harriet dan David Oyelowo sebagai pelatih catur bernama Robert.

Sinopsis

Phiona Mutesi, 10 tahun hidup di daerah kumuh dan miskin di Katwe, Kampala bersama dengan keluarganya. Ibunya, Harriet bekerja keras dan terus-menerus untuk memngurus keluarganya dengan berjualan sayur di pasar. Suatu hari, Phiona bertemu dengan Robert Katende, seorang pemain sepak bola yang kembali ke asalnya untuk mengajar catur anak-anak setempat. Phiona merasa sangat tertarik.

Baca juga : THE MAGNIFICENT SEVEN, REMAKE SERU FILM DI 1950

Catur adalah sebuah olahraga yang membutuhkan konsentrasi yang baik, berpikir strategis, dan berani mengambil resiko. Robert melihat bakat alami yang dimiliki oleh Phiona. Gadis ini memiliki semangat juang yang tinggi warisan dari sang ibu. Robert mulai menjadi mentor untuk Phiona dan berhasil membawanya berhasil dalam kompetisi catur lokal.

Robert juga mengajarkan Phiona membaca dan menulis untuk melanjutkan pendidikannya. Phiona sangat baik dalam turnamen catur. Ibunya pun menyadari kemampuan Phiona dan akhirnya memberikan dukungan pada anak gadisnya, padahal sebelumnya ia tidak mau tahu. Ibunya berpikir bahwa Phiona mampu melepaskan keluarganya dari kemiskinan.

Mira Nair mengemas film ini dengan sangat apik. Akting dari ketiga tokoh utama ini juga sangat mendukung pembuatan film yang berkualitas. Anda pasti penasaran, kan? Tunggu saja penayangan Queen of Katwe di bioskop seluruh dunia. (vpd)

Share This Article