Ini Lho Negara Yang Jadi Pasar Film Terbesar Dunia? | Breaktime
Negara Mana Yang Jadi Pasar Film Terbesar Dunia?
19.07.2015
“Cinema should make you forget you are sitting in a theater.” – Roman Polanski

Bicara tentang film, rasanya kita sudah tahu kalau Amerika Serikat merajai pasar film dunia dengan Hollywood-nya yang menggelegar. Namun, tahukah B’timers? Seiring berjalannya waktu, permintaan pasar luar negeri rupanya makin membludak.

Dari data Motion Picture Association of America (MPAA), kini hampir 70 persen dari pendapatan tahunan box office Amerika berasal dari pasar internasional. Nah, ternyata negara-negara dengan pasar film terbesar di dunia setelah Amerika berada di Asia dan Eropa. Kedua negara tersebut adalah Cina dan Rusia! Berikut Breaktime beberkan sejumlah fakta tentang pasar film dunia:

  • Banyaknya pemain dari luar Amerika (aktor dan aktris Cina, Australia, dan Korea) yang diikutkan bermain dalam film-film Hollywood memang bertujuan untuk pemasaran secara internasional.
  • Berdasarkan data MPAA, pada 2014 box office Cina meningkat 36% dari 2013, ini menjadikan Cina pasar film terbesar kedua di dunia setelah A.S.
  • Laporan Ernst & Young memprediksi pasar film domestik Amerika akan “diruntuhkan” Cina pada 2020.
Penayangan film Hollywood “bersyarat” di bioskop-bioskop Cina
Penayangan film Hollywood “bersyarat” di bioskop-bioskop Cina
  • Jika sebuah film Amerika diputar di Cina, akan ditayangkan scene tambahan pada bagian akhir film yang menunjukkan aktor Cina sebagai karakter ekstra dalam film, contohnya pada film Iron Man 3. Ini demi mempertahankan akses Amerika ke pasar film Cina.
  • Film Battleship pada 2013 yang dibintangi Rihanna dan Liam Neeson hanya meraup $65 juta dari total penjualan tiket, sementara sukses mengantongi $237 juta dari box office internasional.

Dari fakta-fakta tadi, kita bisa melihat betapa penting peran pasar film internasional bagi Amerika dan bagaimana Cina dengan kuat terus memanjat naik untuk memuncaki pasar film terbesar di dunia, mengalahkan Amerika. Tidakkah itu juga karena nasionalisme tinggi yang dimiliki warga Cina?

Seperti yang sudah disebutkan, saat sebuah film Hollywood diputar di negeri Tirai Bambu itu, di bagian akhir film “harus” diputar scene ekstra yang menampilkan aktor Cina yang ikut berakting sebagai karakter tambahan dalam film. Mungkin itu bisa kita contoh ya, B’timers. Bukankah majunya suatu negeri berawal dari kuatnya nasionalisme dan rasa cinta terhadap tanah air?

Share This Article