Menguak Hal Di Balik Sinopsis Film Rudy Habibie | Breaktime
Menguak Hal Di Balik Sinopsis Film Rudy Habibie
25.07.2017

Sejak peluncuran film Habibie & Ainun pada tahun 2012, para movie lovers tanah air seolah mulai dijejali dengan film Indonesia yang berkualitas. Film bergenre drama yang diangkat dari kisah cinta nyata mantan presiden Indonesia, BJ Habibie, sukses membius para penonton. Bahkan menjadi inspirasi para penonton yang telah memiliki pasangan. Di tahun 2016, film tentang Habibie dibuat lagi dengan judul yang berbeda, yaitu Rudy Habibie. Masih sama dengan film sebelumnya yang juga sangat menginspirasi, film ini juga sarat akan nilai hidup yang terpancar dari sinopsis film Rudy Habibie.

Ada banyak hal yang bisa dipetik dari film Rudy Habibie ini. By the way, B’timers sudah nonton kan filmnya? Dalam film tersebut, ceritanya dikemas sangat apik. Bahkan para pemeran filmnya juga sangat totalitas atau bahkan dibilang mirip dengan karakter aslinya. Bagaimana tidak, aktor sekelas Reza Rahadian yang memang sangat mirip dengan sosok Habibie ikut andil dalam film pertama dan kedua ini. Selain itu, karakter lainnya diperankan oleh Chelsea Islan, Ernest Prakasa, Panji Pragiwaksono, Millane Fernandez, dan Boris Bokir.

Sebelum sampai pada hal-hal penting yang bisa diambil dari film Rudy Habibie, Breaktime berhasil menguak wajah asli para karakter yang ada dalam film tersebut. Penasaran, kan pastinya para movie lovers?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bosan Drama? Tonton Film Korea Romantis Ini!

Pertama adalah sosok Habibie muda yang diperankan oleh Reza Rahadian. Habibie muda akrab dipanggil Rudy ini lahir dari rahim seorang ibu yang tangguh, Raden Ayu Toeti Saptomartini. Ia adalah mahasiswa RWTH Aachen, Jerman Barat yang bersekolah tanpa beasiswa. Ia sangat fokus pada pendidikannya di sana. Ia mendapatkan nilai selalu tinggi di semua mata kuliah. Bahkan dirinya terpilih menjadi ketua PPI Aachen.

Menguak Hal Di Balik Sinopsis Film Rudy Habibie | Breaktime
Sosok Habibie muda (kapanlagi.com)

Kesuksesan Rudy tak lain tak bukan karena sang ibu yang lebih akrab dipanggil mami olehnya. Setelah kepergian sang suami, mami harus berjuang keras untuk membiayai sekolah Rudy di Jerman dan anak-anaknya yang lain. Salah satu bisnis yang ia bangun adalah rumah indekos mahasiswa. Ia bahkan juga merambah bisnis ekspor-impor Singapura. Ia dikenal sangat disiplin terhadap anak-anak kosnya. Itu juga terlihat sedikit dalam sinopsis film Rudy Habibie. 

Menguak Hal Di Balik Sinopsis Film Rudy Habibie | Breaktime
Raden Ayu Toeti Saptomartini (kapanlagi.com)

Selain sang ibu, Habibie mampu bertahan hidup di Jerman sebelum bertemu dengan Ainun adalah teman-temannya. Salah satu teman akrabnya adalah Ilona. Ia adalah seorang gadis Jerman keturunan Polandia. Ilona bertemu dengan Rudy saat menghadiri pesta dansa mahasiswa Katolik. Hubungan mereka pun jadi sangat akrab. Bahkan Rudy mengakui bahwa dirinya menyukai Ilona. Namun, saat itu hubungan mereka ditentang oleh teman-teman Indonesianya. Ilona sendiri merupakan mahasiswi Medical Technical Assistance yang sangat suka dengan puisi-puisi Goethe.

Menguak Hal Di Balik Sinopsis Film Rudy Habibie | Breaktime
Sosok Ilona yang buat Rudy jatuh cinta (kapanlagi.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
B’Timers, Ini Ringkasan Sinopsis Film Anandhi

Satu lagi sahabat Rudy adalah Liem Keng Kie. Teman Indonesianya ini berasal dari Kuningan, Jawa Barat. Ia memang keturunan Tionghoa namun sangat fasih Bahasa Sunda. Mereka adalah teman SMA. Liem adalah sosok yang sering membantu Rudy jika kesulitan dalam masalah keuangan selama di Jerman. Ia pernah bekerja sebagai insinyur senior dan ilmuwan bidang desain di Morton Thiokol (ATK) di Utah, Amerika Serikat. Ia telah meninggal pada 2011 lalu.

Menguak Hal Di Balik Sinopsis Film Rudy Habibie | Breaktime
Liem Keng Kie (kapanlagi.com)

Itulah beberapa orang terdekat Habibie selain Ainun. Dalam film Rudy Habibie, diceritakan bagaimana persahabatan mereka. Persahabatan jadi salah satu yang bisa kita lihat dari film ini. Selain itu, yang paling penting adalah tentang keluarga. Perjalanannya menjadi sosok besar sekarang ini tidak mudah. Motivasinya adalah hanya untuk membahagiakan sang ibu yang telah memberi segalanya untuk dia.

Rudy juga sering sekali menghadapi dilema untuk mementingkan tujuan mana yang akan dilakukan. Pribadi atau kepentingan bersama teman-teman. Namun ia selalu ingat pesan sang ayah untuk lebih peduli pada teman-teman dengan tetap teguh dengan visi dan misi pekerjaan. Salah satu kutipan yang paling menginspirasi adalah “karena mata air yang jernih, akan berguna bagi lingkungan sekitarnya!”.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Film Cara Delevigne Bocorkan Kehidupan Galaxy

Ia pun juga selalu sabar saat dihadapkan oleh berbagai masalah. Rudy sadar bahwa ketika ia bersabar, situasi tidak menjadi semakin buruk dan ia bisa dengan mudah menyelesaikan segala hal. Termasuk saat dirinya divonis mengidap penyakit TBC tulang.

Terakhir, yang paling mengena dari Rudy adalah tentang kecintaannya terhadap tanah air. Ia begitu bersemangat untuk memajukan Indonesia dengan membuat pesawat terbang sendiri. Kata-kata yang paling berbekas adalah “untuk apa merdeka jika tidak ada integritas?”. Ia begitu bersemangat mengajak generasi muda untuk merdeka dari keserakahan dan kebohongan.

Benar saja, tak hanya membaca sinopsis film Rudy Habibie saja, saat menonton filmnya akan semakin banyak hal yang kita petik. Bukan hanya sebagai pemuas hasrat para pecinta film. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE