Marshall: Drama Pengadilan Bersejarah Amerika | Breaktime
Marshall: Drama Pengadilan Bersejarah Amerika
09.10.2017

Film biografi atau yang didasarkan pada kisah nyata memang selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi kalangan penonton bioskop. Setelah tahun 2017 diwarnai dengan aneka film biografi yang sukses mendulang pendapatan spektakuler seperti The Founder yang mengisahkan pendiri resto franchise McDonald’s, The Disaster Artist, hingga flm tentang pertandingan tenis legendaris Battle of the Sexes. Setelah salah satu serial televisi berbasis kisah ruang persidangan The People v. O. J. Simpson: American Crime Story besutan FX merebut hati pemirsa dunia, kini giliran Hollywood melalui Open Road Films merilis film bernuansa sama yang bertajuk Marshall.

Film yang sebelumnya telah dirilis secara terbatas di Universitas Howard pada 20 September 2017 dan akan diluncurkan serempak di penjuru dunia pada 13 Oktober 2017 ini merupakan film biografi yang mengulik salah satu periode awal karir Thurgood Marshall, seorang Hakim Agung Amerika Serikat yang pertama kalinya berasal dari ras Affrika-Amerika. Sebelum memasuki karir cemerlangnya yang mengubah sejarah hukum peradilan di Amerika Serikat, Marshall terlebih dahulu merintis karirnya sebagai pengacara lewat lembaga advokasi NAACP (National Association for the Advancement of Colored People).

Selain memfokuskan upaya bantuan hukumnya di negara-negara bagian Amerika Serikat di kawasan selatan, NAACP juga memiliki misi mulia yang sejalan dengan prinsip Marshall yakni memberikan bantuan hukum bagi kaum kulit hitam yang menjadi korban diskriminasi rasial. Karakter Marshall dalam film ini diperankan dengan apik oleh Chadwick Boseman, yang baru saja sukses memerankan sosok Jackie Robinson dalam film 42 dan superhero T’Challa / Black Panther dalam berbagai film seri Marvel Cinematic Universe. Dalam film ini, sosok Marshall digambarkan sebagai pengacara muda berusia 30-an tahun yang baru merintis karirnya di ranah hukum. Selain Chadwick Boseman, beberapa bintang Hollywood yang namanya menghiasi daftar cast film ini ialah Josh Gad, Kate Hudson, Dan Stevens, Sterling K. Brown dan James Cromwell.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kisah Pencarian Masa Lalu di Film Biografi Lion
Marshall: Drama Pengadilan Bersejarah Amerika | Breaktime
Sosok asli Thurgood Marshall saat menjabat sebagai Hakim Agung Amerika Serikat

Melalui film bertajuk Marshall ini, sang sutradara Reginald Hudlin berniat untuk menggarisbawahi prinsip hidup Marshall yang seolah menunjukkan bahwa selain tindakan protes dan perlawanan, sangatlah perlu untuk bekerja di dalam sistem, terutama saat Anda berkecimpung di ranah hukum. Meski Konstitusi Amerika Serikat pada awalnya tidak diciptakan secara khusus untuk membela hak-hak kaum kulit hitam, Marshall ingin membuktikan bahwa Konstitusi pada dasarnya bekerja sejalan dengan pemenuhan hak-hak kaum kulit hitam. Film berlatar cerita ruang persidangan dan kasus pembelaan hukum ini didapuk berhasil menggambarkan suasana thriller khas ruang sidang dan kisah whodunit tanpa terjebak klise. Jalan ceritanya berhasil dituliskan dengan memulau oleh kerjasama ayah-anak Michael dan Jacob Koskoff, terutama dibantu oleh latar belakang sang ayah sebagai pengacara pembela hak sipil.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rayakan Halloween dengan Film Horor Feminis
Marshall: Drama Pengadilan Bersejarah Amerika | Breaktime
Salah satu kasus yang ditangani Thurgood Marshall yang mengubah dunia peradilan Amerika

Film Marshall juga berhasil menggambarkan dengan sukses arogansi sosok sang pengacara muda tersebut, terutama ketika berhadapan dengan partnernya Sam Friedman, seorang pengacara lokal berdarah Yahudi yang sebelumnya hanya pernah menangani kasus-kasus hukum terkait asuransi dan kecelakaan. Marshall tak terelakkan lagi merasa congkak dengan kesuksesannya selama ini dalam  menangani berbagai kasus hukum terkait hak sipil. Kepercayaan dirinya seketika sirna ketika menangani kasus tuduhan pemerkosaan yang menimpa warga kulit hitam Joseph Spell, yang diperankan dengan menawan oleh Sterling K. Brown yang juga pernah berperan di serial televisi berlatar hukum, The People v. O. J. Simpson: American Crime Story. Idealism Marshall semakin tergoyahkan ketika sang tertuduh dan penggugat, Eleanor Strubing (diperankan oleh Kate Hudson) nampaknya sama-sama menyimpan kebohongan dalam pernyataan mereka.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Romantisme Survival di The Mountain Between Us

Kira-kira berhasilkah Marshall menyelesaikan salah satu kasus hukum di awal karirnya tersebut dan merintis karir cemelang menuju posisi Hakim Agung Amerika Serikat? (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE