Mad Max 2015, Usung Setting Perang Eropa Abad ke-18 | Breaktime
Mad Max 2015, Usung Setting Perang Eropa Abad ke-18
21.05.2015

Sudahkah B’timers nonton film “Mad Max: Fury Road di bioskop”? Film besutan sutradara veteran, George Miller, tersebut sukses menggebrak bioskop dengan cerita kerennya yang membuat adrenalin Anda bergejolak.

Film bergenre action ini pastinya juga berhasil membuat Anda geleng-geleng kepala saat melihat gerombolan mobil tempur penjahat yang di atasnya terdapat seorang gitaris bertopeng dan berbaju merah memetik gitar elektrik.

Gitar elektrik yang ada di film Mad Max ini pun bukan sembarang gitar lantaran memiliki model double neck yang ujungnya diberi knalpot dan bisa mengeluarkan lidah api layaknya semburan naga. Di belakang sang gitaris ini berdiri deretan pengeras suara yang memekakkan telinga.

Ternyata, keberadaan sang gitaris di tengah-tengah serunya pertempuran gurun tersebut terinspirasi oleh sebuah pertempuran di Kitab Perjanjian Lama yang menceritakan saat bangsa Israel merebut Yerikho di Kanaan yang diiringi musik.

Yap, di abad ke-18 perang Eropa, penabuh drum merupakan bagian yang tak terpisahkan dari strategi perang masa itu. Setidaknya, dalam peperangan Eropa musik memiliki dua fungsi, yakni sebagai bagian komunikasi di medan perang serta senjata psikologis yang mampu untuk menggentarkan lawan.

Barangkali inilah misi yang hendak disampaikan oleh George Miller yang ingin membawa B’timers pada tradisi perang di Eropa abad ke-18. Namun, alih-alih menghadirkan penabuh drum atau seruling, film ber-setting zaman pos apokaliptik ini memilih gitar listrik aliran punk yang nyentrik.

Dalam film berdurasi 120 menit ini, sosok pria pemusik tersebut diberi nama Doof Warrior. Sepanjang film, ia memang tak diberi dialog. Kendati demikian, sosoknya berhasil mencuri perhatian para penonton Mad Max: Road Fury 2015.

Lalu, siapakah sosok pemetik gitar tersebut? Ternyata ia adalah aktor sekaligus musisi Australia bernama asli Sean Hape yang juga memiliki nama panggung iOTA. Well, sudah berhasilkah Anda mengingat sosoknya atau malah belum menemukan lantaran belum nonton Mad Max? It’s your turn now!

Share This Article