Legenda Cerita Rakyat Dunia Jadi Inspirasi Film! | Breaktime
Legenda Cerita Rakyat Dunia Jadi Inspirasi Film!
09.03.2017

Tidak hanya di Indonesia saja yang memiliki kekayaan cerita rakyat melegenda, lho, B’timers. Dan dari banyaknya cerita rakyat, ada juga yang beberapa digunakan sebagai inspirasi di dalam film. Settingnya yang penuh dengan imajinasi disertai dengan jalan cerita yang penuh keberanian, membuat film yang terinspirasi dari cerita rakyat pun banyak digemari, B’timers.

Well, mitos, legenda maupun cerita rakyat memang sudah menjadi dasar dari kebudayaan suatu bangsa, B’timers. Dan itulah sebabnya banyak industry perfilman yang tertarik untuk mengangkat cerita rakyat menjadi film yang penuh dengan daya tarik. Mungkin Anda adalah salah satu penggemar dari film yang terinspirasi dari cerita rakyat melegenda di dunia.

Di bawah ini, beberapa film yang terinspirasi dari cerita rakyat yang ada di seluruh dunia, B’timers!

Baca juga : JELAJAHI DUNIA PENUH LEGENDA, KONG: SKULL ISLAND

La Belle et la Bête yang diproduksi pada tahun 1946 oleh Jean Cocteau merupakan film yang terinspirasi dari cerita rakyat Prancis . Film yang menceritakan tentang kisah percintaan si cantik dan si buruk rupa ini sebenarnya merupakan mitos Yunani, yaitu Cupid dan Psyhe. Seperti yang telah Anda ketahui, Belle adalah putri seorang pedagang yang harus menjalani kehidupannya di kastil milik si buruk rupa. Ini adalah film yang benar-benar mempesona, B’timers.

Legenda Cerita Rakyat Dunia Jadi Inspirasi Film! | Breaktime
Diceritakan keberanian rakyat melawan kekuatan gelap

Die Nibelungen adalah film yang diadaptasi dari dua cerita rakyat dari dataran Eropa, B’timers. Yang pertama adalah The Nibelungenlied dan yang kedua adalah kisah tentang pembunuhan Siegfried di istana Burgundi. Inilah cerita klasik dari legenda rakyat Jerman yang berjuang mati-matian demi untuk melawan kekuatan kegelapan. Fritz Lang menggambarkan ceritanya dengan sangat lihai, sehingga Anda seolah ikut masuk ke dalam jalan cerita yang ada.

Baca juga : KARAKTER DALAM FILM BISA AJARI ANDA HAL INI, LHO

Black Orpheus adalah film garapan Marcel Camus pada tahun 1959 yang terinspirasi dari cerita rakyat yang melegenda, B’timers. Mitos dan legenda di dalam film ini berasal dari Brazil, Prancis dan juga Italia. Meraih Palme d’Or pada Cannes Film Festival pada tahun 1959, sebagai film berbahasa asing terbaik, film ini mengisahkan tentang legenda Orpheus dan Eurydice. Film ini merupakan mitos di daerah Yunani Kuno yang diadaptasi dengan sangat apik dan menarik.

Legenda Cerita Rakyat Dunia Jadi Inspirasi Film! | Breaktime
Film klasik dari Rusia yang akhirnya menginspirasi Disney

Film selanjutnya yang diambil dari cerita rakyat dunia yang melegenda adalah Morozko, yang dibuat oleh Alexander Rou. Film fantasi dari Rusia dari tahun 1964 ini mengisahkan banyak legenda, B’timers. Mulai dari Frosty, Ded Moroz hingga cerita mengerikan dari penyihir Baba Yaga. Sayangnya jalan cerita dari film ini terbilang cukup membingungkan, B’timers. Meski demikian, Disney justru menganggap inspirasi di dalam film inimenarik untuk diangkat, lho.

Baca juga : TOKOH INI TERINSPIRASI DARI ORANG DI DUNIA NYATA

Ugetsu Monogatari, film dari Jepang yang dibuat oleh Kenji Mizoguci pada tahun 1954 ini terinspirasi dari kisah hantu Jepang dan Cina, Ugetsu Monogatari. Berhasil meraih penghargaan di dalam Venice Film Festival pada tahun 1953, yaitu Silver Lion, film ini menjadi salah satu film Jepang yang paling awal mendapatkan pengakuan internasional, B’timers. Setting di dalam film ini adalah sekitar abad ke-16 ketika ada perang saudara yang melanda Jepang.

Legenda Cerita Rakyat Dunia Jadi Inspirasi Film! | Breaktime
Kisah penuh tragedy dari Medea, sang putri raja

Medea, film yang diambil dari cerita rakyat dunia yang melegenda dari Denmark, dibuat oleh Lars von Trier pada tahun 1988, B’timers. Film garapannya ini berdasarkan dari mitos Medea, seorang putri yang berasal dari keluarga kerajaan Colchis. Sang putri jatuh cinta pada seorang pahlawan Yunani, yaitu Jason. Namun di dalam film ini setting dipilih beberapa tahun setelah itu, di mana Jason pergi meninggalkan Medea dan anak-anak mereka demi putri raja lain.

Nah, itulah 6 film yang diambil dari cerita rakyat dunia yang melegenda, B’timers. Tertarik untuk menontonnya? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE