Surat Dari Praha Cinta Harus Sampai Pada Tuannya | Breaktime
“Surat Dari Praha”, Bahwa Cinta Harus Sampai Pada Tuannya
13.01.2016

Satu lagi film Indonesia yang siap mewarnai dunia perfilman tanah air awal tahun ini, Surat Dari Praha. Film romantis yang dipermanis dengan adanya musikalitas yang cukup memukau. Film Surat Dari Praha merupakan film pertama yang diproduseri oleh penyanyi solo papan atas Indonesia, Glenn Fredly, yang bekerja sama dengan sutradara muda Angga Dwimas Sasongko.

Berangkat dari kisah Laras (Julie Estelle) yang dengan sangat terpaksa harus memenuhi wasiat dari sang ibu, Sulastri (Widyawati), film ini digadang-gadang akan cukup menguras emosi dan membangkitkan rasa penasaran penonton. Sebelum meninggal, Sulastri berpesan agar Laras mengantar surat untuk seseorang laki-laki bernama Jaya (Tio Pakusadewo) yang tinggal di Praha, Republik Ceko.

Cukup tak bahagia dengan hubungan yang kurang baik antara ia dan ibunya, Laras semakin murka setelah mengetahui identitas Jaya sebenarnya. Ya, Jaya adalah mantan tunangan Sulastri yang gagal memenuhi janji cintanya puluhan tahun silam. Jaya berjanji untuk kembali pada Sulastri namun keadaan politik di Indonesia di tahun 1966 sedang kacau, yang mengakibatkan Jaya tertahan di Praha.

Kenyataan itu yang kemudian membuat Laras menuding Jaya dan surat-surat Jaya yang pernah dikirimkan dari Praha adalah penghancur hubungan keluarganya. Kebencian muncul tak terbendung dari dalam hati Laras. Merasa tersudut, Jaya akhirnya berusaha menjelaskan situasi sebenarnya, hal yang sejatinya telah ia relakan.

Surat Dari Praha Cinta Harus Sampai Pada Tuannya | Breaktime
Julie Estelle dan Tio Pakusadeo di lokasi syuting di kota Praha

Glenn sendiri berpendapat bahwa film yang sarat makna cinta, kekuatan memaafkan dan upaya berdamai dengan masa lalu ini terinspirasi dari para pelajar Indonesia di Praha. Saat itu para pelajar  tak bisa kembali ke kampung halaman akibat situasi politik di tanah air yang sangat buruk di tahun 1966 silam.

Meski tak berpengaruh besar, film Surat Dari Praha sempat tersandung masalah. Film yang juga dibintangi oleh Chico Jericho dan Rio Dewanto ini sempat dituduh melakukan adaptasi tanpa izin dari novel karya dosen Universitas Brawijaya Malang, Yusri Fajar. Pasalnya, Yusri juga menulis sebuah novel dengan judul yang sama (Surat Dari Praha) yang terbut pada 2012 lalu.

Rencananya, film ini akan hadir di bioskop pada 26 Januari mendatang. Film drama musikal ini pastinya sudah sangat dinanti oleh para pecinta film terutama film ber-genre drama romantis. Saksikan trailer filmnya di bawah ini untuk menambah rasa penasaran Anda! (nap)

Share This Article