“Effie Gray”, Movie Review: Story of John Ruskin’s Wife | Breaktime
“Effie Gray”, Movie Review: Story of John Ruskin’s Wife
10.02.2015

Masih ingatkah Anda dengan sosok John Rustin, seorang kritikus seni di Victorian era yang sangat terkenal? Kali ini, sutradara Inggris, Richard Laxton akan segera menjadikan kisah tokoh seni ternama tersebut menjadi sebuah film Hollywood terbaru di tahun 2015 berjudul “Effie Gray”.

Film yang rencananya akan mulai diputar di bioskop-bioskop dunia pada bulan April 2015 ini menceritakan tentang kehidupan rumah tangga John Rustin yang diperankan oleh Greg Wise bersama dengan istrinya Effie Gray yang dimainkan Dakota Fanning.

Dalam film yang berdurasi 1 jam 48 menit ini, Effie yang saat itu berusia 19 tahun menikah dengan John Ruskin yang berusia 29 tahun. Tak lama setelah menikah, Effie mengikuti John ke Venesia untuk mengerjakan bukunya yang berjudul “The Stones of Venice”.

Sayangnya, John hanya sibuk mempelajari berbagai monument bersejarah dan selalu mengabaikan keberadaan Effie. Effie yang merasa bosan sering memilih menghabiskan waktu untuk jalan-jalan hingga akhirnya ia bertemu dengan Everett Millais, a pre-Raphaelite artist.

Keduanya pun akhirnya berteman akrab hingga suatu hari Effie merasa sangat stress lantaran John menganggap tubuh Effie menjijikkan dan ia belum pernah sama sekali dijamah. Effie has endured almost as muchgrief during the miserable marriage.

Ditengah dilemma pernikahan yang dihadapi Effie, sosok Emma Thompson akan muncul sebagai Elizabeth Eastlake yang memberikannya nasihat untuk bercerai dengan John Ruskin. Hingga akhirnya keduanya pun bercerai dan Effie pun akhirnya menikah dengan Everett Millais.

Director Richard Laxton really plays up shocking elements in Effi’s plight. Dengan fokus pada ketidakharmonisan pernikahan Effie dan John, sutradara Laxton menunjukkan betapa terbatasnya hak wanita untuk mengajukan gugatan cerai dalam masyarakat patriarkal. The filmmakers do an excellent job of portraying her misery!

Share This Article