Kundo: Munculnya Sosok Robin Hood ala Korea | Breaktime
Kundo: Age of The Rampant, Munculnya Sosok Robin Hood ala Korea
30.11.2015

Bicara soal film Korea, barangkali tak jauh-jauh dari drama romantisnya yang bikin melting, ya. Namun, di akhir bulan Oktober ini ada satu genre film Korea yang cukup seru untuk ditonton, “Kundo: Age of The Rampant”.

Film besutan sutradara Yoon Jong-bin ini menceritakan era ketidakstabilan Dinasti Joseon di tahun 1859. Di masa itu, Korea mengalami masa-masa sulit dan banyak terjadi kerusuhan serta krisis ekonomi berkepanjangan.

Selain itu, soosk pemimpin yang kejam serta seringnya bencana alam makin memperparah penderitaan warga. Lebih menyedihkan lagi, kaum elite yang berkuasa malah seolah tutup mata dan hanya mengeksploitasi dan memperdaya rakyat. Alhasil, kelaparan, kemiskinan, serta kematian menjadi warna kehidupan harian rakyat Korea.

Tak tahan melihat kondisi ini, Dae ho (Lee Sung min) akhirnya muncul melawan pemerintahan. Ia memimpin pejuang bernama Kundo dan merampok pejabat-pejabat kaya yang korup. Harta hasil jarahan tersebut kemudian dibagi-bagikan pada rakyat miskin. Lambat laun, Kundo pun akhirnya menjelma menjadi kelompok yang sangat menakutkan bagi raja.

Setelah itu, muncullah Dol Moo Chi (Ha Jung Woo) yang sebelumnya adalah mantan tukang daging di kelas terendah Dinasti Joseon. Ia memutuskan untuk bergabung dengan Dae ho guna membalas kematian keluarganya. Ia telah kehilangan ibu dan adiknya karena penindasan yang dilakukan oleh Jo Yoon (Kang Dong won), seorang putra bangsawan kaya.

Akhirnya, Dol Moo chi pun menantang Jo Yoon untuk berduel. Namun, siapa sangka bila Jo Yoon juga memutuskan bergabung dengan Kundo? Keputusan ini nekat diambil Jo Yoon setelah ia tak diakui sebagai keturunan raja sebab ia adalah anak seorang selir. Berbekal kemampuannya yang mahir dalam seni bela diri, Jo Yoon makin memperkuat Kundo.

Sekilas film ini memang akan mengingatkan B’timers pada film klasik asal Inggris, Robin Hood. Namun tentu saja, setting nya yang mengambil latar dan budaya Asia, khususnya Korea akan memberikan warna baru yang segar dalam perfilman.

Bagaimanakah nasib Kundo selanjutnya? Akankah kelompok pencuri ini berhasil diringkus oleh pemerintah? Apa yang terjadi pada nasib Jo Yoon selanjutnya mengingat bagaimanapun juga ia adalah bagian dari anggota kerajaan? Saksikan filmnya sekarang, ya! (vsc)

Share This Article