John Lasseter Penemu Pixar Pernah dipecat Disney | Breaktime
John Lasseter, Penemu Pixar yang Pernah dipecat Disney
20.12.2015

Beberapa dari Anda mungkin ada yang mengenal John Lasseter. Ya, Lasseter adalah seorang ahli animasi CGI yang mengawali pekerjaan pertamanya di The Walt Disney Company (saat ini bernama Walt Disney Animation Studios). Lasseter juga merupakan salah satu dari tiga penemu studio film animasi Pixar yang mendunia dan sepanjang zaman tetap digemari banyak orang.

Namun tahukah Anda bahwa di balik kesuksesannya tersebut, Lasseter ternyata pernah “dibuang” oleh Disney studio, perusahaan tempatnya bekerja? Kisah ini bermula ketika ia dengan keahliannya mencoba membuat sebuah perusahaan animasi sendiri bersama George Lucas di studio LucasFilm.

Mimpinya untuk membuat studio animasi sendiri itu dianggap sebagai kecerobohan oleh pihak Disney. Akibatnya, ia harus merelakan kursinya diambil dan angkat kaki dari Disney Studios. Selama ia meninggalkan Disney, dalam kurun waktu itu ia berkreasi dengan studio barunya.

John Lasseter Penemu Pixar Pernah dipecat Disney | Breaktime
John Lasseter bersama ikon karakter film animasi Cars

Bersama LucasFilm, Lasseter berhasil memproduksi film animasi paling pertamanya yaitu Toy Story. B’timers tentu sudah tidak asing dengan film satu ini, kan? Karena kepopulerannya, Lasseter dan teman-temannya lantas membuat kelanjutan film tersebut yang ternyata sangat melejit dan bahkan menyaingi film animasi buatan Disney.

Tak lama setelah itu, Lucas dan Lasseter menjual studionya yang kemudian diakuisisi oleh salah satu pendiri perusahaan Apple, Steve Job. Setelah kepemilikannya berpindah tangan, LucasFilm berganti nama menjadi Pixar di tahun 1986. Meski telah diakuisisi, Lasseter ternyata tetap terlibat sepenuhnya dalam pembuatan film produksi Pixar lainnya seperti A Bug’s Life, Toy Story 2, Cars dan Cars 2.

John Lasseter Penemu Pixar Pernah dipecat Disney | Breaktime
Toy Story salah satu film buatan Lasseter

Setelah bertahun- tahun meninggalkan Disney dan bergabung dengan Pixar, sekitar 9 tahun yang lalu salah satu orang penting di Disney, Bob Iger, memintanya untuk kembali bergabung ke Disney. Lasseter sangat antusias dan merasa sangat terharu.

Setelah ia kembali ke studio, dia menemui seluruh artis, sutradara, animator dan semua orang yang dalam studio tersebut. Lasseter menatap mata mereka satu per satu dan mengatakan, “Nama Walt Disney adalah yang nomor satu, kita harus membuat film yang sepadan dengan nama besar itu. Dan aku, aku lebih tinggi dari apa yang selama ini kalian pikirkan.”

Kata-kata tersebut ternyata semakin memotivasi seluruh orang yang ada di Disney Studios. Mereka semakin semangat bekerja bersama Lasseter lagi. Dan terbukti, setelah Lasseter kembali ke Disney, mereka berhasil membuat film yang meledak besar-besaran di masyarakat seluruh dunia. Benar sekali, B’timers. Film produksi Lasseter tersebut adalah Frozen.

Saat ini, Lasseter menempati jabatannya di Disney sebagai Kepala Kreatif tertinggi di Pixar dan Walt Disney Animation Studios. Saat ini ia juga menjabat sebagai Kepala Penasihat Kreatif di Walt Disney Imagineering. Benar-benar mengesankan ya, B’Timers! (nap)

Share This Article