Ini Film Islami Terbaik & Terlaris di Indonesia | Breaktime
Inilah 5 Film Islami Terbaik dan Terlaris di Indonesia
30.06.2016

Meski bioskop Indonesia banyak dihujani film-film Hollywood dari tahun-tahun, namun sineas Tanah Air tetap gigih menunjukkan taringnya, termasuk sineas film religi. Buktinya, Indonesia memiliki banyak film islami yang sukses meraih jumlah penonton terbanyak yang kemudian membuatnya menjadi film terlaris di negeri sendiri. Apa saja sih, filmnya? Simak, yuk!

Ayat-Ayat Cinta (2008)

Masih susah rasanya berpaling dari kisah Fahri (Fedi Nuril) dan Aisa (Rianti Cartwright) di Tanah Mesir. Pernikahan penuh haru antara keduanya yang diwarnai dengan hadirnya istri kedua, Maria (Carissa Putri) sukses membuat penonton bercucuran air mata. Film yang diadaptasi dari novel best seller dengan judul sama karya Habiburrahman El Shirazy atau yang akrab disapa Kang Abik ini telah ditonton lebih dari 3,5 juta orang saat dirilis pada 2008 silam.

Ketika Cinta Bertasbih (2009)

Masih dari novel Kang Abik, Ketika Cinta Bertasbih berhasil menembus 3,1 juta penonton. Film yang dibintangi oleh Oki Setiana Dewi dan Kholidi Asadil Alam ini diawasi langsung oleh Kang Abik setelah film sebelumnya, Ayat-Ayat Cinta dinilai terlalu melenceng dari novelnya. Film ini bercerita tentang Azzam, mahasiswa Universitas Kairo, Mesir, yang harus memilih 1 dari 4 wanita untuk dijadikan istri.

Ketika Cinta Bertasbih 2 (2009)

Ketika Cinta Bertasbih 2 adalah lanjutan dari film Ketika Cinta Bertasbih  yang memang dibagi menjadi dua bagian. Jika film pertama tembus 3,1 juta penonton, part kedua ini hanya meraih sekitar 2 juta penonton.

Surga yang Tak Dirindukan (2015)

Film terlaris selanjutnya adalah Surga Yang Tak Dirindukan yang tembus hampir 2 juta penonton. Film yang dibintangi oleh Laudya Cynthia Bella dan Fedi Nuril ini berkisah tentang rumah tangga bahagia Arini dan Pras yang tak disangka tergores kabar poligami sang suami. Film Surga Yang Tak Dirindukan diadaptasi dari novel Asma Nadia dan merupakan satu-satunya film islami terbaru yang paling banyak ditonton. Rencananya, MD Pictures akan memproduksi sekuel keduanya.

Sang Pencerah (2010)

Bercerita tentang tokoh pahlawan nasional, K.H. Ahmad Dahlan dalam perannya sebagai salah satu tokoh pergerakan nasional dan pendiri organisasi Islam, Muhammadiyah. Tak hanya melanjutkan tren film Islami, film garapan Hanung Bramantyo yang ditonton 1,2 juga orang  ini juga dianggap sebagai pemicu banyaknya film-film tentang sejarah pahlawan nasional yang kini banyak dibuat. (nap)

Share This Article