5 Film Religi Indonesia Adaptasi Novel Terbaik | Breaktime
Ini 5 Film Religi Indonesia Adaptasi Novel Terbaik
16.06.2016

B’timers tentu tahu ada banyak film yang diangkat dari cerita dalam novel, termasuk film religi Indonesia. Kadang film yang mengadaptasi novel masih jauh dari harapan para pembaca yang sudah jauh berimajinasi. Namun, lima film religi ini sukses mengadaptasi novel dengan baik dan menggebrak box office Indonesia saat tayang di bioskop. Apa saja kelima film laris tersebut?

Ketika Cinta Bertasbih – 2009

Film ini mengadaptasi novel karya Habiburrahman El Shirazy dan pertama kali dirilis pada tahun 2009. Berkisah tentang perjalanan hidup dan cinta Azzam yang diperankan Kholidi Asadil Alam, film yang berlokasi syuting di Mesir ini sukses menjual hingga 3,1 juta tiket.

99 Cahaya di Langit Eropa – 2013

Mengangkat cerita jejak sejarah Islam di Eropa, film adaptasi novel karya Hanum Salsabiela Rais dan Ranga Almahendra ini juga berisikan moral dan pelajaran tentang Islam yang modern, bagaimana penyebaran Islam bisa dilakukan tanpa kekerasan, serta melalui pelajaran dan pengetahuan. Film ini dibintangi oleh Acha Septriasa dan Abimana Aryasatya.

5 Film Religi Indonesia Adaptasi Novel Terbaik | Breaktime
Cuplikan film 99 Cahaya di Langit Eropa

Negeri 5 Menara  - 2012

Diadaptasi dari novel karya A. Fuadi dan Affandi Abdul Rachman, film ini menceritakan enam santri yang berbeda latar belakang, namun keenamnya punya mimpi yang sama yaitu ingin menaklukkan dunia. Negeri 5 Menara berlokasi syuting di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur, Bandung, Sumatera Barat, hingga London.

Assalamualaikum Beijing – 2014

Film religi yang juga laris manis ini mengadaptasi novel karya Asma Nadia, berkisah tentang perjuangan cinta beda agama. Dibintangi Revalina S. Temat, Morgan Oey, Laudya Cynthis Bella dan Ibnu Jamil, film ini sukses menghibur jutaan penonton di tanah air.

Ayat-Ayat Cinta – 2013

Film yang diadaptasi dari novel karya Habiburahman El Shirazy ini sangat fenomenal, karena kisahnya yang menceritakan tentang poligami. Film ini dibintangi oleh Fedi Nuril, Rianti Cartwright dan Carissa Putri. Dirilis pada tahun 2013, film ini sukses menjadi hits.

Dari kelima film religi adaptasi novel tadi, mana nih, yang jadi favorit B’timers? (md)

Share This Article