Hanung Bramantyo Segera Hadirkan R.A Kartini ke Layar Lebar | Breaktime
Hanung Bramantyo Segera Hadirkan R.A Kartini ke Layar Lebar
21.04.2015

Setelah selesai membuat film bertemakan Tokoh Nasional Indonesia dengan judul “Soekarno: Indonesia Merdeka,” Setiawan Hanung Bramantyo atau biasa dipanggil dengan nama Hanung Bramantyo ini juga ingin ‘menghidupkan’ karakter Raden Adjeng Kartini atau R.A Kartini dalam layar lebar.

Sebelum benar-benar mengangkat tema Kartini dalam film terbarunya yang berjudul “Menembus Impian”, Hanung sengaja berkunjung sekaligus meminta izin dan restu kepada pihak keluarga Kartini. Bahkan, untuk dapat bertemu dengan keluarga Kartini, Hadi Priyanto selaku Kabag Humas Setda Jepara juga turun tangan untuk menjembataninya.

Alasan utama kenapa Hanung ingin membuat film bertemakan Kartini.adalah karena suami dari selebritis cantik Zaskia Adya Mecca  ini ingin memupuk dan menanamkan kepada generasi muda, khususnya kaum perempuan, tentang semangat emansipasi wanita. 

Selain itu, Hanung juga merasa sangat terinspirasi dengan pergerakan serta keteguhan Kartini semasa hidupnya untuk memperjuangkan hak Kaum Hawa di masa kolonialisme yang kala itu masih mencengkeram Tanah Air.

Selain meminta izin dan bertanya-tanya langsung kepada pihak keluarga Kartini, Hanung juga mencari referensi lain dari berbagai media, terutama sejumlah literatur yang dapat dipertanggungjawabkan daris sisi kontennya. Hanung juga mengaku bahwa dirinya sangat berhati-hati dalam pembuatan film terbarunya kali ini ia akan menayangkan sosok Pahlawan Nasional Indonesia yang begitu dihormati. Rencananya, film bertemakan R.A Kartini ini akan diputar bersamaan dengan hari kelahirannya yakni pada tanggal 21 April 2016 mendatang.

Wah, seperti apa ya potret Raden Ajeng Kartini bila dikemas dalam film yang mendapatkan sentuhan Hanung Bramantyo? Akankah ia kembali menuai kritik  pedas seperti film-film kontroversial seperti “Perempuan Berkalung Sorban” ataupun “Tanda Tanya (?)”? Well, you’ll never know till you find it yourself! 

Share This Article

Tagging: