Gundala, Jagoan Asli Indonesia Siap Bersaing dengan Superhero Hollywood | Breaktime
Gundala, Jagoan Asli Indonesia Siap Bersaing dengan Superhero Hollywood
16.08.2015

Sejak beberapa tahun lalu, banyak film-film yang diadopsi dari komik bertemakan superhero, misalnya saja X-Men, Spider-Man, Superman, Batman dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apabila B’timers termasuk pecandu film sci-fi dan superhero, pastinya sudah tahu kalau tahun depan akan ada beberapa film yang siap rilis, seperti Deadpool, Batman v Superman: Dawn of Justice, Captain America: Civil War, X-Men: Apocalypse sampai dengan Gambit.
Rupanya, hal ini turut memancing kreativitas penggiat perfilaman tanah air. Kabarnya, akan dibuat sebuah film superhero dengan tokoh asli Indonesia yang diadaptasi dari komik, yaitu Gundala.

Pada tahun 2008 silam,  sempat diisukan bahwa film berjudul Gundala (Putera Petir) ini hanyalah hoax semata. Namun kabar berkembang, wacana pembuatan film yang mengambil tokoh jagoan super di tahun 1970-an tersebut sudah resmi dikonfimasi oleh Hanung Bramantyo pada bulan Maret 2014 lalu saat press conference PopCon Asia 2014.

Gundala memiliki kekuatan untuk mengendalikan petir sekaligus berlari secepat kilat
Gundala memiliki kekuatan untuk mengendalikan petir sekaligus berlari secepat kilat

Walaupun di tahun 1981 silam sudah ada film berjudul sama, Gundala, akan tetapi, Mahaka Pictures, Bumi Langist Studio, dan Brown Entertainment selaku penggagas, ingin sekali mengangkat kembali jagoan komik asli Indonesia ke pentas layar lebar dengan nuansa modern. Mereka berharap, Gundala dapat bersaing dengan film-film garapan luar negeri lainnya.

Dalam penggarapannya, Hanung akan dibantu oleh beberapa pihak, yang salah satunya adalah Erick Thohir selaku produser eksekutif film Gundala. Erick Thohir sendiri juga merupakan seorang pengusaha terkenal Indonesia yang memiliki saham mayoritas di klub raksasa Italia, Inter Milan.

Menurut Hazmi, selaku pencipta karakter Gundala, sampai saat ini pembuatan film yang rencananya akan ditayangkan secara serentak di beberapa bioskop besar di Indonesia pada tahun 2016 nanti itu masih dalam tahap perencanaan. Film ini akan terus dikebut agar dapat beredar sesuai jadwal. Sayangnya, belum ada informasi mengenai siapa yang bakal mengisi karakter-karakter dalam film tersebut.

Film Gundala (Putera Petir) ini akan menyuguhkan karakter superhero yang benar-benar Indonesia dan tidak terlalu berotot seperti pahwalan super versi Hollywood. Karakter Gundala sendiri terinspirasi dari kisah Ki Ageng Selo dari Jawa Tengah yang mampu menangkap petir saat bekerja di sawah.

Secara garis besar, cerita dalam film Gundala akan mengambil setting saat masa pemerintahan Presiden Soekarno. Di masa itu, pemerintah Indonesia menemukan daya listrik terbesar di dunia. Untuk melindunginya dari tangan pihak-pihak yang tak bertanggung jawab, maka dibangunlah Monas sebagai pelindungnya.

Akan tetapi, keberadaan seorang antagonis bernama Pengkor mulai menjadi ancaman bagi negara. Untung saja ada seorang pemuda bernama Sancaka yang memiliki kekuatan super, yaitu mampu menangkap dan mengendalikan petir, sekaligus berlari secepat kilat, yang membantu pemerintah dalam melawan Pengkor.

Jika selama ini B’timers anti dengan film-film dalam negeri, semoga film ini bisa menumbuhkan kembali kecintaan terhadap karya anak bangsa.

Share This Article