Gopher Broke, Animasi yang Ajarkan Pentingnya Healthy Foods | Breaktime
Gopher Broke, Animasi yang Ajarkan Pentingnya Healthy Foods
16.03.2015

“Everything I learned I learned from the movies.”

-Audrey Hepburn-

Tentu B’timers ingin buah hati tersayang menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, terutama sayuran. Namun terkadang hal ini sulit dilakukan karena anak-anak cenderung lebih menyukai olahan daging atau fast food. Nah, berhentilah memaksa anak untuk melahap sayuran dan coba cara lain yang lebih efektif.

Mengajarkan pentingnya hidup sehat pada anak tak hanya bisa dilakukan lewat buku bacaan atau pelajaran di sekolah saja, B’timers! Belajar bisa jadi menyenangkan jika dilakukan dengan cara berbeda, yakni dengan menonton film. Nah, kali ini Breaktime akan membahas tentang Gopher Broke, film animasi untuk anak-anak yang memuat pesan tentang pentingnya makanan sehat.

Film animasi berdurasi pendek sekitar 2-5 menit ini bercerita tentang sekelompok hewan pengerat yang dijuluki The Gophers. Mereka hendak mengambil sayuran untuk dijadikan makanan di sebuah ladang pertanian, namun petani setempat berusaha mengusir The Gophers.

Merasa takut kehilangan sumber makanan, The Gophers pun mengikuti truk pengangkut hingga ke lumbung dan bermaksud mengambil makanan mereka di sana. Namun, upaya mereka terhalang anjing penjaga yang tidur di lumbung. The Gophers pun mempergunakan taktik lama untuk mengusir anjing penjaga bernama Barnyard Dawg itu dengan mencoba mengalihkan perhatiannya.

Pada akhirnya, the Gophers berhasil menyingkirkan musuh mereka dengan mengikatkan tali pada perut Barnyard Dawg yang sedang tidur, lalu menyematkannya pada balon berisi udara panas dan menerbangkannya. Ketika terbangun, si anjing sudah berada di atas tiang lampu.

Gopher Broke memenangkan Best Short Film Made For Children Award dalam Ottawa International Animation Festival tahun 2005, serta dinominasikan sebagai Best Short Film, Animated untuk Oscar dan Annecy Inernational Animated Film Festival. Dengan penghargaan dan sejumlah nominasi yang didapatnya, film lucu sarat makna ini sangat layak dijadikan tontonan yang menghibur sekaligus bisa menjadi sarana belajar hidup sehat untuk anak.

Share This Article