Ini Google Doodle ‘Ayah’ Ultraman, Eiji Tsuburaya | Breaktime
Google Doodle Istimewa untuk Peringati Kelahiran ‘Ayah’ Ultraman, Eiji Tsuburaya
07.07.2015

Ada yang berbeda ketika berselancar di internet hari ini, Google Doodle menampilkan animasi Ultraman dengan monster-monster di belakangnya. Rupanya, tanggal 7 Juli merupakan hari kelahiran Eiji Tsuburaya, sang pencipta karakter utama Ultraman dan Godzilla.

Eiji Tsuburaya merupakan seorang seniman dari Negeri Sakura yang terkenal dengan sebutan Master of Monster pada era-nya. Berkat keterampilan dan ketangkasan Eiji Tsuburaya, terciptalah sosok Ultraman yang mendunia hingga saat ini. Ultraman menjadi salah satu masterpiece dari Eiji Tsuburaya yang dirilis pertama kali pada tahun 1966, dan terkenal lewat film berjudul Ultra Q dan Ultraman.

Kilas balik Eiji Tsuburaya

Eiji Tsuburaya lahir pada 7 Juli 1901, kemampuan jeniusnya sudah terlihat semenjak ia kecil. Tidak seperti anak lainnya yang hobi bermain, Eiji Tsuburaya memiliki kegemaran yang berbeda. Ia menyukai pesawat dan hobinya adalah membuat model pesawat. Pada tahun 1915 di usia 14 tahun, Tsuburaya lulus dari SMA dan melanjutkan ke Departemen Penelitian dan Pengembangan Utsumi, yang merupakan perusahaan pembuat mainan ternama.

Eiji mulai berkecimpung dalam dunia layar lebar setelah mendapatkan tawaran dari sutradara Yoshiro Edasama pada tahun 1919. Dan masa kejayaannya adalah saat ia menelurkan karya Ultraman dan Godzilla dan juga mendirikan Tsuburaya Productions pada tahun 1940.

Tidak bisa dipungkiri bahwa karya dari Tsuburaya memberikan kontribusi yang besar hingga saat ini. Tidak heran bila banyak orang masih mengingatnya hingga detik ini. Tsuburaya menghembuskan napas terakhirnya pada tahun 1970 pada usia 68 tahun. Benar kata pepatah, “gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama”, meskipun Tsuburaya telah meninggal lama, karyanya masih dikenang oleh generasi penerusnya.

Video behind the scene membuat Ultraman oleh Google

Eiji Tsuburaya
Eiji Tsuburaya

Share This Article