Glorifikasi Asmara di Ayat-ayat Cinta 2 Trailer | Breaktime
Glorifikasi Asmara di Ayat-ayat Cinta 2 Trailer
13.11.2017

Setelah menghebohkan dunia perfilman Indonesia pada tahun 2008 lewat kisah cinta segitiga antara Fahri dengan Aisha dan Maria, Ayat-ayat Cinta 2 trailer kembali hadir dalam bentuk sekuel di layar lebar pada  di film Ayat Ayat Cinta sempat menghebohkan dunia perfilman Indonesia pada 2008. Film tersebut konon sukses menggaet 3,6 juta penonton hingga menandingi penonton film Hollywood terlaris di Indonesia, Titanic. Fenomena membuat film remake maupun sekuel tentunya bisa menjadi senjata makan tuan tersendiri bagi suatu karya sinematografi karena penonton selalu mencari tayangan dengan kualitas lebih baik.

Kini hampir satu dasawarsa telah berlalu sejak meledaknya novel dan film yang mengawali fenomena popularitas tayangan Islami tersebut. Rumah produksi MD Pictures akhirnya tertarik memproduksi film Ayat Ayat Cinta 2. Diangkat dari novel bertajuk sama karangan Habiburrachman El Shirazy yang telah terbit sejak tahun 2015, film kedua kali ini nampak dibawakan oleh beberapa seniman peran berbeda sehingga sekilas nampak menarik untuk diamati lebih lanjut. Tak jarang novel maupun film sekuel dan yang ke sekian kalinya jatuh membosankan dan berujung tidak laku karena pengembangan cerita yang terkesan dipaksakan.

Sang penulis novel, Habiburrachman El Shirazy mengaku bahwa awalnya dirinya tak berminat menuliskan kisah kelanjutan Fahri dan Aisha. Menariknya, inspirasi untuk novel kedua justru datang dari desakan dan tuntutan para pembaca novel pertama. Sang novelis menyanggupi lahirnya novel sekuel Ayat-ayat Cinta dengan dalih menyenangkan hati orang sebagai sedekah serta sebagai upaya literasi bagi pencinta sastra. Akankah niat mulia tersebut terwujud ketika novel kedua tersebut dituangkan dalam layar lebar?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ketahui Ini Menjelang Rilisnya Justice League
Glorifikasi Asmara di Ayat-ayat Cinta 2 Trailer | Breaktime
Jajaran pemain utama bersama produser dan penulis novel Ayat-ayat Cinta 2

Dalam suatu kesempatan Fedi Nuril sang pemeran Fahri melontarkan guyonan bahwa Ayat-ayat Cinta 2 trailer menggambarkan Fahri yang kembali berada di tengah pusaran ketiga perempuan cantik. Aisha, istri pertamanya dikabarkan tengah menghilang tanpa kabar sejak terjun menjadi relawan di Jalur Gaza. B’timers yang pernah menyaksikan film pertama tentu masih jelas terbayang sosok Maria yang meninggal setelah dinikahi sebagai istri kedua Fahri. Dalam film sekuel kali ini, beberapa wanita yang berkelindan dalam hidup Fahri ialah Hulya, keponakan Aisha, yang diperankan oleh Tatjana Saphira. Ada juga Keira, diperankan oleh Chelsea Islan, seorang violinis berbakat yang awalnya membenci Fahri yang seorang Muslim. Wanita lain yang tak kalah signifikan ialah Sabina yang diperankan oleh Dewi Sandra.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Romantisme Nostalgia Ayat-Ayat Cinta 2 Sinopsis

Dengan sutradara yang tak lagi Hanung Bramantyo melainkan Guntur Soeharjanto sesuai pilihan Manoj Punjabi sang pimpinan MD pictures, Ayat-ayat Cinta 2 nampaknya akan hadir dengan teknik sinematografi yang sama sekali berbeda. Dari poster maupun trailer film yang telah dirilis sejauh ini, suasana yang digambarkan jauh lebih modern dan dinamis daripada film pertama. Selain latar Eropa yang dijadikan setting serta perbedaan zaman yang hampir sepuluh tahun lamanya, nampaknya sang sutradara memang berniat menggaet para penonton lama sekaligus memuaskan selera visual  penonton baru lewat film sekuel yang dibesutnya kali ini.

Dengan kisah cinta Fahri dan Aisha yang cukup kompleks dari novel kedua setebal hampir 700 halaman tersebut, Guntur Soeharjanto mengaku bahwa dirinya berupaya membuat Ayat-ayat Cinta 2 trailer kali ini lebih dekat dengan kehidupan masyarakat modern kali ini. Dimensi kehidupan Fahri dimaksudkan untuk dibuat berbeda dan lebih berkembang. Sayangnya, upaya sang sutradara dan niat mulia sang penulis novel nampaknya terjebak dalam kisah cinta yang hendak dituturkan itu sendiri. Fhri dengan segala kesempurnaan yang hampir terasa tak masuk akal tersebut lagi-lagi terseret dalam berbagai masalah akibat kepolosan dan keikhlasan pribadinya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Harmonisnya Keluarga Disfungsi di Daddy’s Home 2

Meski sang penulis novel, sutradara, hingga berbagai pihak yang terlibat mengaku ingin mengangkat kisah cinta yang tak sekedar romansa antar insan, sayangnya Ayat-ayat Cinta 2 nampaknya kembali terjebak dalam glorifikasi asmara berkat pusaran para perempuan yang silang sengkarut di sekeliling kehidupan Fahri. Ketika Aisha tak lagi ada di sisinya, Fahri tergetar hatinya untuk mengikhlaskan kepergian sang istri, terutama dengan hadirnya eprempuan-perempuan tersebut satu-persatu dalam hidupnya. Plot twist yang ditawarkan sepertinya cukup menarik untuk disimak, kepada siapakah Fahri nantinya akan melabuhkan hati untuk kali kedua?



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE