Fakta Ngeri di Balik Beragam Lokasi Syuting Film | Breaktime
Fakta Ngeri di Balik Beragam Lokasi Syuting Film
13.10.2017

B’timers penikmat film tentu tak sekedar menyaksikan film layar lebar demi menghibur diri dengan jalan cerita seru dan akting berkualitas. Tak jarang movielovers yang senantiasa membayangkan apa yang terjadi di balik layar hingga peristiwa apa yang menimpa para pemeran usai syuting. Namun pernahkah terlintas di benak Anda mengenai lokasi pengambilan gambar dari sebuah film? Bisakah Anda bayangkan apa yang terjadi dengan film set usai masa syuting?

Adanya efek CGI tak serta-merta membuat para produsen film mengandalkan teknologi untuk membuat lokasi film nan megah. Ada kalanya, bangunan dan properti sungguhan digunakan untuk pengambilan gambar. Uniknya, selalu saja terdapat berbagai hal menghebohkan hingga mengerikan yang terjadi pada berbagai lokasi syuting tersebut. Dirangkum dari cracked.com, berikut ini beberapa kisah tragis di balik aneka lokasi syuting film ternama. 

Meski telah bertahun-tahun berlalu, Pirates of the Caribbean masih menyisakan gaung kesuksesan bagi keseluruhan film seri bajak laut Karibia tersebut. Film yang turut melambungkan nama Johnny Depp tersebut memang mendulang kesuksesan yang cukup memuaskan. Sayangnya, nasib kapal asli yang digunakan sebagai properti sungguhan dalam film rupanya tak seberuntung pendapatan yang dihasilkan dari film-film tersebut. Sama halnya dengan kapal HMS Bounty yang mengalami kecelakaan tragis, kapal bernama Bounty yang digunakan dalam Pirates of the Caribbean juga mengalami nasib yang tak kalah menyedihkan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ketika Veteran Film Laga Beradu di The Foreigner

Bounty mulanya dibangun pada tahun 1960 sebagai lokasi syuting film Mutiny On The Bounty. Sebelum muncul di Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest, Bounty juga sempat menjadi lokasi pengambilan gambar berbagai film lainnya seperti sebuah episode Flipper, komedi tahun 1980-an bertajuk Yellowbeard, hingga film Treasure Island versi tahun 1990. Bounty bahkan sempat menjadi cameo dalam film The SpongeBob Squarepants Movie. Uniknya, sang pemilik kapal nampaknya tak mengizinkan ketika produser film porno berjudul Pirates ingin melakukan syuting di atas Bounty. Tentu saja, sang produser terpaksa berdalih bahwa film yang sedang digarapnya merupakan film keluarga ala Disney ebrtema bajak laut. Ketenaran Bounty sebagai pemeran di berbagai film akhirnya kandas setelah kapal tersebut dijual pada tahun 2010 hingga tenggelam bersama awak kapal di lepas pantai Carolina Utara saat terjadi badai Hurricane Sandy.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Marshall: Drama Pengadilan Bersejarah Amerika

Jauh sebelum memproduksi film superhero Spider Man yang dibintangi Tobey Maguire, Sam Raimi pernah menggarap film horor low budget berjudul The Evil Dead. Saking terbatasnya dana pembuatan film, Sam Raimi dan seluruh produser bahkan harus mengambil gambar hingga menginap di kabin yang terletak di tengah hutan yang dipenuhi kotoran sapi. Bau kotoran tersebut bukanlah hal terburuk yang dirasakan kru karena ada kisah misterius yang membayangi gelapnya lokasi syuting film horor yang kabarnya terkutuk tersebut. Menurut Sam Raimi, kabin tersebut awalnya dimiliki oleh seorang pria bernama Emmet yang membangun kabin tersebut di akhir abad ke-19 sebelum mati tersambar petir. Kawasan hutan yang memang terkenal memiliki konsentrasi iron ore yang tinggi sehingga rawan terjadi insiden sambaran petir tersebut juga menjadi saksi bisu terbunuhnya seorang ibu dan nenek di kabin yang sama. 

Fakta Ngeri di Balik Beragam Lokasi Syuting Film | Breaktime
Kabin yang menjadi lokasi syuting Evil Dead

Konon, kedua wanita tersebut merupakan keluarga Emmet yang memutuskan untuk menginap di kabin sebelum keduanya tewas di malam yang sama. Peristiwa kematian tak wajar tersebut menyisakan seorang gadis kecil yang kabarnya masih hidup hingga syuting The Evil Dead dilakukan. Sam Raimi mengaku bahwa dirinya pernah berjumpa dengan seorang pria misterius yang menanyakan apakah dirinya berjumpa dengan wanita tua yang merupakan si gadis kecil yang selamat bertahun-tahun lalu tersebut. Banyak kru film yang tak percaya dengan cerita Sam Raimi tersebut, termasuk hingga kabin itu roboh. Berbagai rumor beredar mengenai penyebab robohnya kabin, mulai dari sambaran petir, dihancurkan oleh sekelompok orang tak dikenal, hingga takhayul yang menyatakan bahwa kabin tersebut roboh tersedot ke neraka. 

Fakta Ngeri di Balik Beragam Lokasi Syuting Film | Breaktime
Pesawat asli yang digunakan dalam Con Air rupanya menyimpan kisah tragis usai syuting

Fakta mengerikan terakhir datang dari pesawat asli yang jadi lokasi syuting film Con Air. Salah satu film yang melejitkan nama Nicolas Cage tersebut memang menggunakan pesawat asli bernomor seri C-123K Provider. Saat proses syuting, pesawat tersebut memakan secara tak langsung ketika model tiruan pesawat tersebut jatuh menimpa seorang tukang las.  Sesudah dijual kepada perusahaan penerbangan yang bergerak di bidang pengangkutan barang di Alaska, pesawat tersebut mengakhiri hidupnya melalui kecelakaan di dekat Taman Nasional Denali pada tahun 2010 hingga menewaskan seluruh kru pesawat dan menyebabkan kebakaran hutan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kisah Pencarian Masa Lalu di Film Biografi Lion

Tahukah B’timers lokasi syuting film apa lagi yang menyimpan kisah yang tak kalah tragis? (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE