Fakta-Fakta Unik di Balik Film Titanic yang Belum Anda Tahu | Breaktime
Fakta-Fakta Unik di Balik Film Titanic yang Belum Anda Tahu
27.05.2015

Fakta Unik Dari Film Titanic

Siapa sih, yang tak pernah nonton film epik Amerika berjudul “Titanic”? Film klasik yang penuh cerita romance besutan James Cameron ini memang sukses menjadi film legendaris. Tak heran bila film yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet ini masih sering diputar di layar kaca pada momen-momen tertentu. (Baca juga: 5 Fakta Rahasia Film TED 2)

Namun, di balik film yang menceritakan kapal maha besar yang hancur karena menghantam gunung es, tahukah B’timers bahwa ada banyak fakta-fakta menarik yang belum Anda ketahui? Apa itu? Berikut Breaktime sajikan informasi seputar fakta film Titanic:

Judul awal promo film “Titanic” adalah “Planet Ice”
Judul awal promo film “Titanic” adalah “Planet Ice”

Pada saat promosi film, karya James Cameron ini awalnya berjudul “Planet Ice” lho, bukan “Titanic”. Selain itu, rumah produksi sempat menginginkan Matthew McConaughey untuk memerankan tokoh Jack, namun sang sutradara, James Cameron, bersikeras untuk memilih Leonardo diCaprio sebagai lawan main Kate Winslet.

Sementara itu, Gloria Stuart menjadi satu-satunya artis dengan usia tertua. Ia hadir sebagai sosok asli Rose yang hidup di era kini dengan usianya yang saat itu 101 tahun. Sebelum sosok Rose muda diperankan oleh Kate Winslet, nama-nama artis Hollywood lainnya seperti Gweney Paltrow, Nicole Kidman, Cameron Diaz, dan Sharon Stone juga sempat digadang-gadang memerankan tokoh Rose.

Meski hanya sebuah film, James Cameron melakukan totalitas dalam hal properti yang digunakan, lho. Bahkan, di tahun 1997 pembuatan kapal Titanic dalam film romantis ini menelan biaya lebih besar, yakni berkisar $200 juta dolar. Sedangkan biaya pembuatan kapal asli Titanic yang karam di dasar Samudera Atlantik tahun 1910-1912 berkisar $7.5 juta dolar.

Saat syuting di Nova Scotia, 80 anggota cast & crew film Titanic sempat jatuh sakit dan mengalami halusinasi sehingga beberapa di antaranya harus dilarikan ke rumah sakit. Kate Winslet sendiri juga sempat terkena pneumonia lantaran ia tak mau mengenakan jaket air saat syuting adegan mengapung di air bersama Leonardo DiCaprio.

Selain itu, masih ingat adegan Jack Dowson (Leonardo DiCaprio) menggambar Kate Winslet dengan hanya menggunakan kalung berlian “Heart of the Oceans” berwarna biru safir? Ternyata, tangan James Cameron sendirilah yang membuat lukisan Rose tersebut.

Nah, itulah beberapa fakta unik seputar film Titanic yang terus melegenda dan menyimpan banyak sekali misteri menarik untuk dipecahkan. Apakah B’timers tertarik untuk kembali nostalgia dengan menontonnya?

Share This Article