Dian Sastrowardoyo Unjuk Gigi dalam Film Kartini | Breaktime
Dian Sastrowardoyo Unjuk Gigi dalam Film Kartini
17.04.2017

Bulan April memang sudah sangat identik dengan bulannya Raden Ajeng Kartini, B’timers. Nah, tokoh wanita di Indonesia yang satu ini memang memiliki peranan penting terhadap kesetaraan hak untuk kaum wanita. Nah, untuk memberikan penghargaan beliau terhadap jasa-jasanya yang bahkan sampai kapanpun tidak akan pernah sanggup kita bayarkan dengan sejumlah uang, sebuah film bertemakan Kartini akan dirilis pada bulan ini, B’timers.

Dian Sastrowardoyo Unjuk Gigi dalam Film Kartini | Breaktime
Dian akan tampil menawan di film Kartini. Photo by Google

Nah, yang menarik dari film garapan sutradara Hanung Bramantyo kali ini, kita akan diajak menyaksikan bakat seorang aktris cantik, Dian Sastrowardoyo. Sebuah film biografi dari tokoh perjuangan emansipasi kaum wanita di Indonesia, Kartini, akan menjadi karya ketiga yang menceritakan tokoh Kartini yang akan ditayangkan di layar lebar. Biografi pertama, berjudul R. A. Kartini yang dirilis di tahun 1984. Sedang film kedua, yang berjudul Surat Cinta untuk Kartini dirilis pada tahun 2016.

Baca juga: MASIH INGAT 8 KARTUN 90AN BERTOKOH PEREMPUAN INI?

Film yang berdasarkan pada kisah nyata dari sebuah perjuangan penuh arti yang dilakukan oleh sang Ibu Kartini ini merupakan tayangan wajib yang harus Anda tonton. Karena tak hanya penuh dengan inspirasi, namun juga kaya akan pelajaran penting mengenai kehidupan. Seperti yang kita ketahui, kaum wanita di Indonesia pada masa lalu, khususnya di awal tahun 1900 Masehi, tidak berhak mendapatkan pendidikan yang berarti, B’timers. Bahkan peraturan tersebut juga berlaku untuk kaum wanita di kalangan ningrat.

Dian Sastrowardoyo Unjuk Gigi dalam Film Kartini | Breaktime
Saat proses syuting film Kartini berjalan. Photo by Google

Peraturan adat masa itu mengharuskan kaum wanita untuk menuruti istiadat. Wanita berdarah ningrat harus menikahi pria dengan darah ningrat. Mereka tidak berhak menuntut untuk mendapatkan ilmu dan pendidikan formal. Sepanjang hidupnya, di mana Kartini harus menyaksikan penderitaan sang ibunda, yaitu Ngasirah, yang seolah menjadi wanita terbuang. Hal itu terjadi di depan mata Kartini sendiri. Dia melihat bagaimana ibundanya menjadi pembantu karena tak memiliki darah ningrat.

Baca juga: PACU ADRENALINMU BARENG THE FATE OF THE FURIOUS!

Yang unik dari film Kartini di tahun 2017 kali ini adalah peran yang dimainkan oleh Dian Sastrowardoyo, nih, B’timers. Seperti yang kita ketahui, bahwa Dian adalah aktris yang selalu tampil sepenuh hati dalam setiap peran yang dimainkannya. Dan dalam bermain sebagai tokoh utama di film Kartini, Dian sampai harus mendalami berbagai emosi yang sebelumnya tak pernah dia hadapi, lho. Wah, pastinya karakter yang dibawakannya sangat merasuk ke setiap gerakan dan mimik yang diperlihatkannya.

Dian Sastrowardoyo Unjuk Gigi dalam Film Kartini | Breaktime
Tak hanya Dian, aktris berbakat lainnya pun tampil apik. Photo by Google

Demi untuk mendalami karakter Kartini, Dian rela mempelajari Bahasa Belanda, lho. Karena dalam film setidaknya ada 64 kalimat berbahasa Belanda yang harus diucapkan oleh Dian. Dan tidak hanya sekedar mengatakannya secara sempurna saja, lho. Karena Dian pun dituntut untuk mengerti serta memahami arti dari setiap kalimat yang dia ucapkan. Wah, totalitas banget, ya, B’timers? Well, meskipun si cantik berambut hitam ini terbilang jarang bermain film, namun aktingnya tetap berhasil memukau penonton.

Baca juga: MENGUAK 10 HAL RAHASIA DARI FILM THE BOSS BABY

Untuk Anda yang haus akan film-film bertema jiwa nasionalisme tinggi, dijamin akan dibawa terbang ke angkasa begitu menyaksikan film tentang kisah perjalanan Kartini yang penuh dengan aral rintangan ini, B’timers. Bagaimana tidak, selama menonton film Kartini, Anda akan diajak untuk ikut menyesapi seperti apa rasanya penderitaan yang didapatkan oleh Kartini. Bahkan demi kemerdekaan rakyatnya, Kartinipun rela menjadi sosok yang menentang adat istiadat di daerahnya. Termasuk melawan kedua orangtuanya.

Kartini rencananya akan dirilis pada tanggal 19 April 2017 serentak di seluruh bioskop di Indonesia. Nah, untuk Anda, luangkan jadwal demi menyaksikan kisah perjalanan hidup sang Kartini, ya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE